-->

Kelistrikan Motor Mati Semua, Coba Check Bagian Ini!!

101 komentar


Selamat santai gan.

Saya ambil dari kisah saya pribadi, jadi kemarin waktu riding berangkat kerja tiba tiba kelistrikan motor ane mati semua. Dari indikator spedometer mati, lampu sein mati, klakson mati dan starter pun ikut mati. Gejala seperti aki habis.

Karena awam dan motor udah lumayan berumur ane kira akinya habis. Tapi kalau aki habis pasti sebelum sebelumnya motor akan susah di starter. Lampu sein pun kedipannya akan semakin lambat. Namun tanda tanda aki akan habis tidak pernah ada. Jadi ane pikir bukan akinya.
sekring
letak sekring satria fu


Perhatian yang kedua ane fokus pada kabel body. Maklum motor sering kena panas sama hujan kabelnya mungkin akan cepat putus. Namun dari analisa ane jika kabel body ada yang putus maka lampu dan semua kelistrikan akan mati total. Sedangkan yang ane alamin hanya seperti motor tanpa aki. Jadi kelistrikan langsung ditopang dari spuel motor.
Ok fix ini bukan aki atau kabel body, kalau ganti kan lumayan mahal gan. Ane coba copot sekring yang ada di dekat aki. Dilihat2 kayak udah putus, dan ane coba dengan sekring cadangan, dan alkhamdulillah nyala lagi. 


So, jangan langsung lari kebengkel. Anda bisa tekor karena bisa ganti aki dan sekring. Logika berjalan dengan banyak baca artikel tentang otomotif. Semoga bermanfaat. Salam santai.



Ssfl combis


Letak sekring motor Satria Fu, untuk motor yang lain pasti leraknya dekat dengan aki motor.

Gambar sekring putus

sekring

Gambar sekring oke





Ada tambahan baru, update 24 april 2017.
● Jika sekring, aki dan kabel bodi aman maka silahkan agan bersihkan permukaan sekring atau aki. Maksudnya bersihkan jamur alumunium atau tembaga yang mulai kotor. Amplas kedua permukaan tersebut dengan amplas. Cara ini terbukti berhasil diterapkan oleh salah satu agan pengikut blog ini. Kami ucapkan terimakasih atas masukannya.


Ada tambahan baru, update 25 mei 2019.
  Baru saja dialami tetangga, aki baru, kiprok baru pada motor mega pro primus. Penyakitnya kadang aki nyala kadang tidak. Terus saya cek baud akinya, ternyata kurang kencang. Kekendoran menyebabkan arus kadang ada dan tidak. 

Ada tambahan baru, update dari hasil komentar.

● Salam rebahan di aspal. Semalem ane ngalamin juga, abis ngisi bensin mio smile '09 tiba2 kelistrikan mati total, tapi pas dikick starter mesin nyala normal, lampu2 dan klakson juga nyala semua tapi arusnya lemah. Kesimpulannya, sepul dan kiprok aman. Nyampe rumah, ane cek sekring juga masih bagus, tegangan aki 12,9 di voltmeter. Sempet bingung apanya yg bermasalah, akhirnya ane cek socket2/skun semua terpasang dengan baik. Dan akhirnya pas ngurut kabel ketemu kabel yang putus, ini dia pencetusnya; kabel massa/negative aki(accu) putus. Ternyata kabel ini memang riskan putus pada bagian jepitan skun-nya apalagi kalo sudah sering service bongkar pasang aki. Finally, setelah disambung kembali, semua normal. Alhamdulillah.

Baca juga : Kenapa Motor Sering Ngempos Bahkan Mati jika Digas atau Sudah Panas

Possibility kalo kelistrikan mati total tanpa gejala aki soak:
  1. Sekring Putus
  2. Socket lepas/kotor
  3. Kabel Putus
  4. Jamur/Karang Aluminium aki
Possibility penyebab aki soak:
  1. Kiprok/Spul rusak
  2. Penggunaan komponen aftermarket diluar standar
  3. Perubahan arus AC ke DC
Itu aja yang ane tau gan.. semoga bermanfaat

Related Posts

101 komentar

Anonim mengatakan…
Trims infony bermanfaat gan
DQR CHANNEL mengatakan…
Sama sama gan. Jika punya masalah yang pernah dialami pribadi dan bisa diatasi sendiri, bisa share ke rider lain. Yang sederhana bisa sangat membantu.
Anonim mengatakan…
Sore gan...
kebetulan ane mengalami kasus yg sama, mendadak listriknya mati, tp aki ok, sekering aman...
kira" apa ya gan... mohon pencerahannya ya...
DQR CHANNEL mengatakan…
Jika agan pernah atau sedang pakai variasi motor yang memerlukan sambungan ke kelistrikan motor coba dicek lagi sambungan sambungan tersebut. Karena dari pengalaman ane pernah kabel gosong pas sambungan variasi yang mengakibatkan listrik tidak mengalir. Tks
Unknown mengatakan…
Selamat dini hari gan.. Ane baru alamin nih masalah.. udh check sikring nya ga ada yg putus.. kira2 apa ya gan? mksih sebelumnya..
DavysQRider mengatakan…
Kabel bodi coba check. Jika pernah atau sedang pasang variasi lampu atau alarm motor coba check bagian sambungannya. Punya ane dulu kabelnya gosong pas sambungannya. Karena gosong maka listrik tidak mengalir. Ini bisa dusebabkan karena cara penyambungan yang tidak benar. Asal plintir.
Anonim mengatakan…
makasi bgt gan, ane baru ngalamin, oata bengke akinya harus diganti karena udh rusak, tp setau ane kemaren oke2 aja nih aki, akhirnya ane coba cek sekringnya, masih bagus sih, jd cuma ane bersihin doang, ehh ternyata efeknya lgsg normall lg wkwk
DavysQRider mengatakan…
Sama sama gan. Jika punya solusi ttg masalah lain yang pernah dialami sendiri bisa dishare. Memang soket aki dan doket sekring kadang2 suka menjamur dan bisa mengakibatkan listrik tidak bisa mengalir. Jadi sering sering dibersihkan saja. Salam datu aspal.
AHMADBLOGGER mengatakan…
Gan kenapa ya motor ane aki masih ada kenapa motor ane nggk bisa stater terus sen nggk hidup dan di engkol juga nggk idup kenapa ya gan ?
Anonim mengatakan…
malem gan ni ane mau nan nya.. ni kelistrikan motor ane mati semua gan.. ni aki nya udh ane ganti baru.. tp mash gak bisa nyala gaan. soal nya motor ane gak ada sekreng nya gan..., tolong info nya .. motor ane vega r 2003 gan.. jadi bingung gan..
DavysQRider mengatakan…
Kalau sen udah mati dan distarter g hidup coba cek sekringnnya. Jika masih karburator sekring cuma satu. Jika injeksi sekring lebihdari satu. Coba cek sekrinngnya putus atau tidak.
Unknown mengatakan…
kalo kelistrikan kadang ilang kadang ada, apanya harus di cek mas.
Anonim mengatakan…
Semua kelistrikan motor mio sporty saya mati.. dan di engkolpun masih tetep mati.. itu apanya ya min?
Unknown mengatakan…
permisi gan, kebetulan saya mengalami problem yang sama dan udah di perbaiki dan oke semua. tetapi setelah beberapa hari ane pake, ehh ada masalah lagi. adi untuk kelistrikan normal semua pada saat di panasin atau jalan lambat, tetapi jika saya ngebut atau gas full kelistrikan mati total dan anehnya jika saya ngebut atau gas full kan mati total tuh jika rem di tekan bebarengan sama gas full tadi kelistrikan nyala lagi, udah di cari2 pusing orang bengkelnya, hehehehe mohon pencerahannya gan. makasih
Anonim mengatakan…
permisi gan, kebetulan saya mengalami problem yang sama dan udah di perbaiki dan oke semua. tetapi setelah beberapa hari ane pake, ehh ada masalah lagi. adi untuk kelistrikan normal semua pada saat di panasin atau jalan lambat, tetapi jika saya ngebut atau gas full kelistrikan mati total dan anehnya jika saya ngebut atau gas full kan mati total tuh jika rem di tekan bebarengan sama gas full tadi kelistrikan nyala lagi, udah di cari2 pusing orang bengkelnya, hehehehe mohon pencerahannya gan. makasih
Unknown mengatakan…
Gan mau tanya, kemaren ane dari depok ke cakung nah terus tiba" motor mio soul gt ane mati kata orang bengkel si aki nya tekor nah ane beli lagi aki baru tapi jalan beberapa meter mati lagi, aki nya tekor lagi, jadi aki nya itu ga ngisi sama sekali, udah di cek kiproknya tapi masih bagus, itu kira" apanua ya gan? Tolong bantu share, makasi
Anonim mengatakan…
Gan mau nanya, motor ane mio soul gt, kemaren saya dari depok mau ke cakung motor saya tiba" mati, kata orang bengkel si akinya tekor nah terus saya beli aki baru tapi jalan sbentar aki nya langsung tekor lagi, itu masalahnya dimana yaa gan? Udah saya cek kiprok nya juga gada yg bermasalah, tolong share nya gan makasih
DavysQRider mengatakan…
Maaf baru bisa bales gan agan. Sibuk jualan es buah.

Buat yg digas mati direm nyala itu karena kabel bodinya sudah tidak bagus. Disarankan dicheck pada bagian sambungan. Apalagi yg smbungan variasi.

Buat mio soalnya klo beli aki dicheck voltagenya dulu. Karena banyak aki aspal. Jika yakin asli biasanya walau kiprok tidak mengisi aki akan habis 7 - 15 hari, pemakaian normal. Tapi jika baru sebentar habis saya pikir akinya yg aspal gan.. hehe
DavysQRider mengatakan…
Maaf baru bisa bales gan agan. Sibuk jualan es buah.

Buat yg digas mati direm nyala itu karena kabel bodinya sudah tidak bagus. Disarankan dicheck pada bagian sambungan. Apalagi yg smbungan variasi.

Buat mio soalnya klo beli aki dicheck voltagenya dulu. Karena banyak aki aspal. Jika yakin asli biasanya walau kiprok tidak mengisi aki akan habis 7 - 15 hari, pemakaian normal. Tapi jika baru sebentar habis saya pikir akinya yg aspal gan.. hehe
irwan lia mengatakan…
Mau tanya gan Kalau sekringnya gak putus biasanya dari apanya yah? Motor supra fit ane mati semua gan ane cek kiproknya masih bagus. Apa ada hubungannya dari spull?
Unknown mengatakan…
Gan ane ada motor kawasaki KLX gak ada api sama sekali, sebelum nya motor ane udah berasap sih, tapi masih bisa di pake, tapi sekarang gak ada listrik nya dari pengapian motor mati total gak ada api sama sekali, apa gejala nya gan
Anonim mengatakan…
Gan ane mau nanya nih..ane punya honda verza klo di on kontak lampu ga mau nyala juga stater mati, tp kalo mesin dah hidup dengan cara di slah baru semuanya hidup.motor sering mati mendadak, saya pernah cek dibagian sampung body kanan ada part yg brwrna putih kecil kaya pulser sy ga tay namanya apa tp klo sy cabut semua sensor mati. Kira2 masalahnya disitu apa bkn ya..trus benda putih kecil itu apa namanya? Tolong jawabannya gan trma ksh.
Anonim mengatakan…
Awalnya satria ane starter mndadak gk brfungsi.. Trus ane tnyaain ke bngkel , di oprek tuh sma si montir ..
Gtau di apain tuh kabel starter ,
Udah gitu di tes starter sma si montir ..
Ehhh malah mati semua klistrikan mtor ane ..
Dia bilang sekering nya putus .. Di ganti dahdah sma yg baru .. Tes lagi kontak di nyalain ,,
Tiba2 kok akinya kyk tekor apa gmna .. Speedometer nyala mati klo di rem blakang .. Klakson error .. Lmpu sein eror
Kata bang montir akinya rusak .. Kudu ganti yg baru .. Pdhal sblum sya tnya kbengkel .. Klakson , sein speedometer ok smua ,, cuma starternya aja yg error..
Kira2 itu apa nya ya min .. Apa emng kudu ganti aki baru nihh .. Thanks
DavysQRider mengatakan…
Untuk supra fitnya mba lia bisa jadi umur kabel sudah udzur. Banyak titik2 antar sambungan yang mulai berkarat yang mengakibatkan listrik tudak mengalir.
DavysQRider mengatakan…
Buat KLX nya itu karena lama ga pake aki. Atau aki tekor dipaksain jalan. Memang bisa jalan tapi cdi bekerja lebih keras. Nah sekarang CDInya minta ganti. Coba cdinya pinjem punya temen. Jika ok silahkan agan beli. Tks
DavysQRider mengatakan…
Buat satrianya bisa disebabkan konsleting listrik. Coba ingat2 apa agan pernah pasang aksesoris motor. Cek sambungan kabelnya, liat kabelnya jadi gosong atau tidak..
DavysQRider mengatakan…
Sama buat yang lain jika listrik kadang ada kadang tidak itu karena kabel bodinya sudah berumur atau karena pemasangan aksesoris listriknya sembarangan.
Anonim mengatakan…
gan gua punya satria FU kelistrikanya mati total sampai2 indikator speedo mati jga. pengapian mati jga. . gua beli cdi baru tetap nggak nyala jga . .cek pulsarnya nggak ada yg hangus. . sekring bagus jga . .kira2 apanya itu gan . .
DavysQRider #2 mengatakan…
Coba agan pakai multitester, pastikan kabel bodinya agan cek. Siapa tau ada yang tidak menyambung atau ada kabel yang gosong.
rezaislands mengatakan…
Motor saya setiap nyalain lewat stop kontak tidak ada indikator menyala dan tidak bisa di starter itu kenapa ya ? Apa karena pake variasi lampu ?
DavysQRider mengatakan…
Akinya habis atau electric starter nya kotor. Pengalaman ane logam saklar ada kotorannya. Dibuka dan bersihin. Klo masih cek kabel kabelnya. Pengalaman ane kabel suka gosong karena sambungan variasi suka korslet mengakibatkan kabel gosong.
Anonim mengatakan…
Gan tolong bantu masukannya. Motor mio sporty saya gak ada pengapiannya kalo gak pake aki. Trus kalo di pasang aki, cepat sekali tekornya.. Itu masalahnya apa ya gan.
Thanks.
gl pro 94 mengatakan…
Gan tolong bantu masukannya..minggu kehujanan cianjur_cikarang..pertengahan jalan klakson dan lamp sein tdk berfungsi.... sudah dicek sambungan kabel,sekring ok...kira2 apa ya ..kelihatannya aki juga tdk ada arus pengisiannya...mohon pencerahannya
Unknown mengatakan…
Gan.. motor ane honda Win 100. Lampu rating, bel sama indikatornya nga nyala. Uda ane ganti sekring nya. Tapi tetap nga nyala juga. Uda ane periksa kabel nya, tapi masih tetap aja... kira" knapa gan?
Unknown mengatakan…
Numpang tanya gan, motor ane beat f1, kontak dimatiin lampu spido, klakson, semuanya tetep nyala cuman starter sama injeksi kok gk jalan, mohon infonya donk, kira2 apanya yg rusak
Unknown mengatakan…
Nmpang tnya gan... Mtor ane beat fi 2014..sbelum nya ga ad msalah gan.. Tpi pas Ud mtor dmatiin.. ad 30 kemudian kntak saya On tpii stater, spedometer, klakson jga ga hidup..
Pas diengkol nyala, ga ad msalah sma klakson,spedomternya gan..
Yg saya tnya wktu kntak di On knapa stater, spedometer sma klakson nya ga nyala gan kira" aki ap sekring nya yg bermasalah gan???
Unknown mengatakan…
gan mau nanya ne. motor ane paa mau di angetin. tiba tiba ga da kelistrikan yang jalan. gimana y solusinya.
Unknown mengatakan…
gan mau nnya. motor verza ane pas mau di kontakin malah ga nyala. pdhl kmren y mh masih nyala. gimana y solusinya?
DavysQRider #2 mengatakan…
Buat mio sporty kiprok agan bermasalah. Ganti kiprok dan coba nyalakan tanpa aki. Jika masih tidak nyala berarti spul agan tidak menghasilkan arus listrik.

Gl pro jika motor masih nyala tapi lampu mati berarti ada yang salah sama sambungan handle klakson dan sein. Buka saklar sein sama klakson yg biasanya ada di handle grip. Biasanya kotor.

Seperus Henratalia Selan honda win nya bisa karena soket lampu dan bel tidak kencang atau kotor. Amplas dulu gan sampai logamnya keliatan.

Beat fi agan pakai variasi apa ngga?

Beat fi 2014 bisa karena konslet kabelnya. Jika pakai variasi bisa dicek sambungannya.

Ian FC maksudnya gimana. Jika busi masih mengeluarkan api berarti tidak ada masalah dengan kelistrikan. Bisa jadi agan belum servis.
Ok mengatakan…
gan motor sayang supra x125 ,kendala saya pertama tidak bisa distarter, lampu speedometer mati, klakson kadang mati kadang hidup tapi suaranya menjadi redup, tapi lampu utama tetep masih nyala, apa itu aki yg udah ngga beres ya, jadi perlu ganti aki, minta solusinya gan, terima kasih
DavysQRider mengatakan…
Betul. Aki agan sudah mulai habis.
Anonim mengatakan…
malem gan ane juga ngalamin ni gara2 ujan semalem klakson, lating, starter, lampu belakang jadi mati sama jarum bensin juga mati terus saklar sebelah kiri buat pindah lampu jarak jauh agak panas gan,, motor Bladelawas
Unknown mengatakan…
Motor beat fi ane pkai variasi lmpu sma alarm mtor gan .. mlm tdi nrmal gan pas bsok pagi nya tiba'' semuanya mati gan stater,spedometer,klakson diengkol jga ga hdup ..
Kira msalah'ya ap ya gan??
DavysQRider #2 mengatakan…
Buat blade itu bisa karena basah. Ada sambungan yang kebuka dan terjadi konsleting. Jika benar maka motor agan sekarang sudah nyala.

Buat beat fi. Silahkan cek kabel sambungan variasi. Biasanya gosong. Walau nampak masih bagus tapi jika warnanya sudah coklat itu sudah tidak bisa mengalirkan arus.

ArmandRivay mengatakan…
Gan, motor satria fu lampu utama panjang pendeknya ga nyala tapi sein nya masih normal itu kenapa ya padahal baru ganti kiprok tuh bohlamnya juga masih bagus keliatannya.
Anonim mengatakan…
Permisi gan saya mau tanya nih,motor saya satria 2008 aki tekor trs mas saya bawa ke dealer udah diganti semua kiprok,aki,sepul & dinamo dan sebelumnya kabel bodi jg udh mas.. kira2 apa ya mas? ?motor saya standart pdhl mas. Makasih..
Unknown mengatakan…
Gan, motor satria fu lampu utama panjang pendeknya ga nyala tapi sein nya masih normal itu kenapa ya padahal baru ganti kiprok tuh bohlamnya juga masih bagus keliatannya.
DavysQRider mengatakan…
Buat agan rifai dan agan edy coba cek dudukan bohlam atau pantat bohlam nya. Biasanya lumer dan tidak konek.

Fu 2008, punya saya juga sering tekor mas. Itu bisa karena pengisian dan pengeluaran tidak seimbang. Usahakan rutin charger aki, min 3 bulan sekali. Jika sebelum 3 bulan aki sudah tekor itu bisa karena sering pakai starter otomatis.

Unknown mengatakan…
Misi admin....motor vega R ane diengkol ga nyala nyala, trus kunci kontak dinyalakan kog indikator ga nyala juga ya...masalah nya dimana ? Infonya donk
kamil mengatakan…
harga sekering mtr vario diatas berapaan bro? dan namanya sekering apa?
cause masalahnya sma dngan mtr sy.
tolong info ya
email kamilhusni23@gmail.com
Unknown mengatakan…
Terimakasih , sangat membantu ...
DavysQRider#2 mengatakan…
Buat rifai coba cek dudukan bohlam dan pantat bohlamnya. Punya ane pernah lumer. Maka tidak mengalir listriknya.

Buat akbar cek aki dengan nyalakan sein atau klakson. Jika tidak nyala berarti akinya habis.

Harga sekring kw sekitar 3000 perak.

Sama2
Unknown mengatakan…
Bang numpang tanya . Kalo motor tiba2 mati total . Pas d cek kelistrikan mati semua dan pengapiannya juga gak ada . Bgmn tuh solusinya bang ? Motor mio
Ahmad sofin mengatakan…
Bang mau nanya nih mtor vario lgi dipake tiba" mati total gk bsa diselah atau stater pdahal bru bberapa blan gnti aki itu msalahnya diapanya? Tukang bngkelnya psing jga..
DQR CHANNEL mengatakan…
Kemungkinan itu kabel ada yang putus. Pengalaman temen kami karena dimakan tikus. Coba cek kabel yang ada di bawah bodi.

Jika tidak mungkin sekring ada yang putus.
Unknown mengatakan…
Minta tanya gan tadi pas habis nyuci montor ane benerin lampu belakang itu putus truss keaadaan montor masih hidupane coba colokkan obeng ke bagian dalam truss tiba* mati kira* apanya ya gan??
Unknown mengatakan…
gan masalah kelistrikan satria fu.. motor di bawa ke bengkel di ponis kiprok rusak, ok lansung ganti aki+kiprok baru alhasil motor OK, 2 hari kemudian ane jalan tiba2 spedometer redup berkedip dan lansung ngebleng, dan motor ndut2an dan lngsung mati mesin. di kickstarter hidup jalan 10meter kambuh lagi..
DavysQRider#2 mengatakan…
Yang nyolokin obeng kemungkinan terjadi konslet yang bisa mengakibatkan
1. Sekring putus. Karena fungsi sikring sebagai pengaman jika ada konsleting mendadak. Coba cek
2. Kabel antar sambungan konslet. Ini mengakibatkan kabel gosong dan tidak bisa mengalirkan arus listrik. Coba cek sambungan kabel yang agan sambung manual dengan memlintirnya ( sambungan tidak standar )

Tks
Rifal mengatakan…
SLamat siang gan saya mau minta pencerahan nya. Aki baru ganti tapi ttp aja klakson stater rihting g nyala smua. Kira2 apa nya ya gan
Davysqrider mengatakan…
Sekring sudah dicek belum gan?
Unknown mengatakan…
Makasih luar biasa
Davysqrider #3 mengatakan…
sama sama gan, terimakasih atas kunjungannya

admin 3
Selembar Kertas mengatakan…
Malem gann...saya mo tanya...kenapa yaa motor jupiter mx (2005) saya tdk bisa di starter double,padahal sikring (fuse) sudah saya ganti dengan sikring yang baru,tp yang ada hanya lampu indikator netral saja yang nyala gan.
Minta tolong pencerahannya gan...

Reply yaaa gann
davysqrider mengatakan…
kondisi motor agan sama dengan motor ane, tidak bisa di electrick starter, hanya bunyi cetok2 pada tempat sekering

ini termasuk indikasi bahwa aki agan sudah mulai melemah, ane saranin cepat cepat di cas / charger ulang, karena jika aki kering agan sudah benar benar habis maka aki tidak akan bisa diisi ulang, harus ganti baru

Saran lagi untuk perawatan aki dan mesin lebih baik biasakan panaskan mesin sebelum digunakan, sekitar 5-10 menit. Tks
Unknown mengatakan…
Gan fu ane kok tiba2 pas dinyalain di starter, di rem depan malah mati spedo mesin ga nyala.. pas di kick starter nyala mesin.. tapi pas udah jalan pas di rem depan, sein spedo mati tp idup lagi motor tetep jalan.. mohon pencerahannya gan...
davysqrider mengatakan…
Agan emo tinus

motor fu agan ada masalah dengan kabel bodinya, pertama apakah agan ada / pernah menyambung kabel untuk variasi / service. Jika iya coba cek sambungannya. Lihat kondisi kabel, jika warnanya sudah hitam berarti kabel sudah tidak layak pakai.

jika tidak sempat service silahkan copot saja soket lampu belakang

Tks
Unknown mengatakan…
Bro motor saya matic beat... Di situ saya pasang alarm itu normal, tapi setelah kemajuan jaman ada lampu fariasi. Setelah saya coba, arus kelistrikan motor harus jadi DC..
Saya sama temen mencoba liat dari youtube hasilnya bisa tapi lampu menyala semua, setelah di kembalikan normal malah semua mati, tak ada lampu satu pun yang hidup setelah di kontak on, tapi saya mencoba menghidupkan dari remot alarm motor bisa hidup...
Saya minta solusi nya bagaimana gan...
davysqrider mengatakan…
Itu alarmnya yang bermasalah. Coba agan copot alarmnya.
ishimail mengatakan…
Gan ane mau nanya motor ane xeon, lampu indikator mesin nya mati trus kontak mati semua, didiamkan beberapa saat lampu indikator menyala kembali. Mohon infonya gan, kira2 permasalahan nya dimana ya?
Anonim mengatakan…
Gan,mtor ane cbr 150 bbrpa hari kmren dipake aman...brusan pas ane mau pake kunci di posisi on gada respon sama skli..mhon pencerahannya gan...
davys q rider mengatakan…
Untuk xeon pasti ada bagian yang kendor. Coba ingat pernah bongkar pasang kabel yang mana.

Untuk cbr bisa jadi aki tekor. Coba pakai aki teman dulu. Jika iya maka harus beli aki baru.
Unknown mengatakan…
Gan mntor ane vario 125 sore tdi wktu mau plg krja tba2 kntak sepertinya gak berfungsi sdh posisi on..tp spdo mter mati, trs sya pakai kick stater hidup.saya kira aki soak stelah saya cek aki masih bgus. Mhon infonya gan yang brmsalah dmn?
davys q rider mengatakan…
Itu sekringnya gan, coba cabut sekring yang dekat aki, trus agan kontak lalu kick starter, pasti tetep nyala, jika iya coba lihat sekring tadi dan jika kondisi putus silahkan diganti sesuai warna sekring.

jenis sekring
Unknown mengatakan…
salah jumper, dan konslet, untung baca posting ini, makasih gan 👍👍
Unknown mengatakan…
Mas agan sya punya honda bit ESP nah keluhanannya lampu kontrol d spido meter tu nyala trs pdhal kontak posisi off mesin g mau nyala pompa injeksisnya g ber dengung / mati mohon d bantu sarannya mksh.
Unknown mengatakan…
Gan, ane mau nnya nih kan ane pnya motor mio semua kelistrikannya mati dari lampu aki,lampu rem, klakson, lampu sein mati senua.. Pas saya gnti sekringnya semua kmbali normal tpi saat sya coba lgi kemudian lampu indikator msh nyala tpi saat ane tekan rem belakang tiba" semuanya kmbali mati lagi gan? Mohon penjelasannya
Zen mengatakan…
Yaaaaampun. Mkasih bnyak gan. Gara2 agan, saya ga jdi bli aki baru. Kelustrikan mati semua. Kirain aki. Ternyata sekringnya putus. Skali lg mkasih bnyak gan .
Anonim mengatakan…
Makasih gan, sangat membantu
Unknown mengatakan…
Waaahhh sangat membantu gan...perma
salahan ane sama yg kaya agan alam.in...pas ane ganti sekring cadangan punya beat ane, kelistrikan nya lgsg stabil...tadi nya udh mikir mw ke bengkel....thanks bngt gan, bermanfaat sekali info nya
Anonim mengatakan…
Gan saya mau tanya, scoopy fi saya udh gnti sekring kenapa tetep ga mau nyalah ya?
Anonim mengatakan…
info yang bermanfaat sekali, saya kagum terhadap tulisan anda bagaimana cara anda meyampaikan sangat lugas dan mudah di fahami saya juga pernah menulis tentang wiring diagram cbr dan saya harap bisa bermanfaat seperti tulisan anda seperti ini. maju terus dunia otomotif.
Unknown mengatakan…
Bang motor aneh kenapa ya ko kontak posisi ini tapi gx nyala. Sekring baru , aki masih gde.. kira kira apa bang. Mohon bantuan nya
Unknown mengatakan…
Gan motor saya satria injeksi, masalahnya itu kelistrikan saya mati semua lampu speedo mati lampu rem gak nyala sein gak nyala stater tangan gak nyala tapi kalo motornya sih nyala. Kira2 penyebabnya apa yah gan?
Unknown mengatakan…
Gan, kalo cbr gimana gan? Tadi sempet nyala, terus pas mau di starter tiba tiba mati total. Harus ngapain gan?
Unknown mengatakan…
mau nanya gan ,motor saya beat f1,aki baru beli,lampu variasi cuman sein reting,sempat kadangg maksa klw aki tekor nya tapi sdh ganti aki baru,sekring oke,aki oke,kiprok oke ,koil oke ,tapi listrik untuk lampu depan dan belakang itu tidak maau nyala,kira-kira apa nya ya gan ,,
Anonim mengatakan…
gan, mau bertanya,
motor saya honda beat injeksi, sekring merah (10) suka putus, alhasil stater tangan, klakson, dan lampu sen gak berfungsi
itu kenapa ya ? konslet ?
kira2 di bagian mana ?

mohon bantuannya
Unknown mengatakan…
Mio gt mau nanya gan mati total gara gara putusin lampu prometernya di sambung mati total semuanya gan mohon impo nya ya gan
Paskario mengatakan…
Malam gan, motor saya Xeon RC tadi pad lagi di jalan motornya mati mendadak trus kelistrikan kayaknya mati total soalnya semua lampu di speedometer gak ada yang nyala, cek aki trnyata masih bagus, skring juga gak ada yang putus, kira2 apa penyebabnya yaa ?
Terima kasih
Unknown mengatakan…
misi gan numpang nanyak motor sy ninja 250 injeksi lampu lampunya mati semua.. tapi aki normal kira kira apa ya penyebabnya
Unknown mengatakan…
Misi gan motor ane gara gara kehujanan mati total kalo di pasang sikring langsung putus gan ber asap trus
Kira kira kenapa yahh gan

Trima kasih
Unknown mengatakan…
Misi gan motor ane gara gara kehujanan mati total kalo di pasang sikring langsung putus gan ber asap trus
Kira kira kenapa yahh gan

Trima kasih
Unknown mengatakan…
Misi gan motor ane gara gara kehujanan mati total kalo di pasang sikring langsung putus gan ber asap trus
Kira kira kenapa yahh gan

Trima kasih
Unknown mengatakan…
Salam rebahan di aspal. Semalem ane ngalamin juga, abis ngisi bensin mio smile '09 tiba2 kelistrikan mati total, tapi pas dikick starter mesin nyala normal, lampu2 dan klakson juga nyala semua tapi arusnya lemah. Kesimpulannya, sepul dan kiprok aman. Nyampe rumah, ane cek sekring juga masih bagus, tegangan aki 12,9 di voltmeter. Sempet bingung apanya yg bermasalah, akhirnya ane cek socket2/skun semua terpasang dengan baik. Dan akhirnya pas ngurut kabel ketemu kabel yang putus, ini dia pencetusnya; kabel massa/negative aki(accu) putus. Ternyata kabel ini memang riskan putus pada bagian jepitan skun-nya apalagi kalo sudah sering service bongkar pasang aki. Finally, setelah disambung kembali, semua normal. Alhamdulillah..

Possibility kalo kelistrikan mati total tanpa gejala aki soak:
- Sekring Putus
- Socket lepas/kotor
- Kabel Putus
- Jamur/Karang Aluminium aki

Possibility penyebab aki soak:
- Kiprok/Spul rusak
- Penggunaan komponen aftermarket diluar standar
- Perubahan arus AC ke DC

Itu aja yang ane tau gan.. semoga bermanfaat

Thanks agan-agan 😀
Unknown mengatakan…
Mohon info nya gann!!!!
Ane baru ganti lampu ori pake lampu 3in1 di klx terus ga sengaja kebalik sambung kabel eh tiba2 lampu indikator+sein+starter mati semua, yaudah ane coba kick aja. Pertama motor hidup pake kick starter, saat mau bungkus pake sealent tuh sambungan ga sengaja lagi kena sambungan jalur kabel lain ehhh motor + kelistrikan mati semua, udah ane kick tetep aja gamau nyala tuh motor.
Kira2 kerusakan pada apa ya gan???

Trims
Unknown mengatakan…
Gan mohon infonya saya juga puya motor honda revo 2007 kelistrikan nya mati total semua tpi kadang idup lagi trus aja begitu. Itu apanya yah . Soalnya udah bulakbalik bengkel udah nyala selang berapa hari mati lagi . Trus pas mati di diamin semalam hidup lagi . Mohon fencerahannya
Anonim mengatakan…
Motor gw g mau nyala lampu tembak hidup speedometernya mati apa masalahnya ya
DQR CHANNEL mengatakan…
Salam dari bekasi gan
DQR CHANNEL mengatakan…
Revonya ada bagian mesin yang aus, saat mesin panas terjadi kelonggaran dan mesin dingin normal kembali, ini bisa jadi bagian pengapian ada yang bocor. Klep sudah minta ganti
DQR CHANNEL mengatakan…
Yang lampu tembak on spido mati itu punya agan akinya kurang kuat, silahkan buat jalur sendiri dari spull untuk lampu atau double power akinya
DQR CHANNEL mengatakan…
Yang pakai lampu 3in1 copot dulu semua lampu yang ada. Silahkan nyalakan kembali,
DQR CHANNEL mengatakan…
Thanks infonya gam dedy mulyadi
Subscribe Our Newsletter