Selamat santai gan.
Saya ambil dari kisah saya pribadi, jadi kemarin waktu riding berangkat kerja tiba tiba kelistrikan motor ane mati semua. Dari indikator spedometer mati, lampu sein mati, klakson mati dan starter pun ikut mati. Gejala seperti aki habis.
● Jika sekring, aki dan kabel bodi aman maka silahkan agan bersihkan permukaan sekring atau aki. Maksudnya bersihkan jamur alumunium atau tembaga yang mulai kotor. Amplas kedua permukaan tersebut dengan amplas. Cara ini terbukti berhasil diterapkan oleh salah satu agan pengikut blog ini. Kami ucapkan terimakasih atas masukannya.
Ada tambahan baru, update dari hasil komentar.
● Salam rebahan di aspal. Semalem ane ngalamin juga, abis ngisi bensin mio smile '09 tiba2 kelistrikan mati total, tapi pas dikick starter mesin nyala normal, lampu2 dan klakson juga nyala semua tapi arusnya lemah. Kesimpulannya, sepul dan kiprok aman. Nyampe rumah, ane cek sekring juga masih bagus, tegangan aki 12,9 di voltmeter. Sempet bingung apanya yg bermasalah, akhirnya ane cek socket2/skun semua terpasang dengan baik. Dan akhirnya pas ngurut kabel ketemu kabel yang putus, ini dia pencetusnya; kabel massa/negative aki(accu) putus. Ternyata kabel ini memang riskan putus pada bagian jepitan skun-nya apalagi kalo sudah sering service bongkar pasang aki. Finally, setelah disambung kembali, semua normal. Alhamdulillah.
Baca juga : Kenapa Motor Sering Ngempos Bahkan Mati jika Digas atau Sudah Panas
●Possibility kalo kelistrikan mati total tanpa gejala aki soak:
Saya ambil dari kisah saya pribadi, jadi kemarin waktu riding berangkat kerja tiba tiba kelistrikan motor ane mati semua. Dari indikator spedometer mati, lampu sein mati, klakson mati dan starter pun ikut mati. Gejala seperti aki habis.
Karena awam dan motor udah lumayan berumur ane kira akinya habis. Tapi kalau aki habis pasti sebelum sebelumnya motor akan susah di starter. Lampu sein pun kedipannya akan semakin lambat. Namun tanda tanda aki akan habis tidak pernah ada. Jadi ane pikir bukan akinya.
|
letak sekring satria fu |
Perhatian yang kedua ane fokus pada kabel body. Maklum motor sering kena panas sama hujan kabelnya mungkin akan cepat putus. Namun dari analisa ane jika kabel body ada yang putus maka lampu dan semua kelistrikan akan mati total. Sedangkan yang ane alamin hanya seperti motor tanpa aki. Jadi kelistrikan langsung ditopang dari spuel motor.
Ok fix ini bukan aki atau kabel body, kalau ganti kan lumayan mahal gan. Ane coba copot sekring yang ada di dekat aki. Dilihat2 kayak udah putus, dan ane coba dengan sekring cadangan, dan alkhamdulillah nyala lagi.
So, jangan langsung lari kebengkel. Anda bisa tekor karena bisa ganti aki dan sekring. Logika berjalan dengan banyak baca artikel tentang otomotif. Semoga bermanfaat. Salam santai.
Ssfl combis
Letak sekring motor Satria Fu, untuk motor yang lain pasti leraknya dekat dengan aki motor.
Gambar sekring putus Gambar sekring oke
Ada tambahan baru, update 24 april 2017.
|
Ada tambahan baru, update 25 mei 2019.
● Baru saja dialami tetangga, aki baru, kiprok baru pada motor mega pro primus. Penyakitnya kadang aki nyala kadang tidak. Terus saya cek baud akinya, ternyata kurang kencang. Kekendoran menyebabkan arus kadang ada dan tidak. Ada tambahan baru, update dari hasil komentar.
● Salam rebahan di aspal. Semalem ane ngalamin juga, abis ngisi bensin mio smile '09 tiba2 kelistrikan mati total, tapi pas dikick starter mesin nyala normal, lampu2 dan klakson juga nyala semua tapi arusnya lemah. Kesimpulannya, sepul dan kiprok aman. Nyampe rumah, ane cek sekring juga masih bagus, tegangan aki 12,9 di voltmeter. Sempet bingung apanya yg bermasalah, akhirnya ane cek socket2/skun semua terpasang dengan baik. Dan akhirnya pas ngurut kabel ketemu kabel yang putus, ini dia pencetusnya; kabel massa/negative aki(accu) putus. Ternyata kabel ini memang riskan putus pada bagian jepitan skun-nya apalagi kalo sudah sering service bongkar pasang aki. Finally, setelah disambung kembali, semua normal. Alhamdulillah.
Baca juga : Kenapa Motor Sering Ngempos Bahkan Mati jika Digas atau Sudah Panas
●Possibility kalo kelistrikan mati total tanpa gejala aki soak:
- Sekring Putus
- Socket lepas/kotor
- Kabel Putus
- Jamur/Karang Aluminium aki
●Possibility penyebab aki soak:
- Kiprok/Spul rusak
- Penggunaan komponen aftermarket diluar standar
- Perubahan arus AC ke DC
101 komentar
kebetulan ane mengalami kasus yg sama, mendadak listriknya mati, tp aki ok, sekering aman...
kira" apa ya gan... mohon pencerahannya ya...
Buat yg digas mati direm nyala itu karena kabel bodinya sudah tidak bagus. Disarankan dicheck pada bagian sambungan. Apalagi yg smbungan variasi.
Buat mio soalnya klo beli aki dicheck voltagenya dulu. Karena banyak aki aspal. Jika yakin asli biasanya walau kiprok tidak mengisi aki akan habis 7 - 15 hari, pemakaian normal. Tapi jika baru sebentar habis saya pikir akinya yg aspal gan.. hehe
Buat yg digas mati direm nyala itu karena kabel bodinya sudah tidak bagus. Disarankan dicheck pada bagian sambungan. Apalagi yg smbungan variasi.
Buat mio soalnya klo beli aki dicheck voltagenya dulu. Karena banyak aki aspal. Jika yakin asli biasanya walau kiprok tidak mengisi aki akan habis 7 - 15 hari, pemakaian normal. Tapi jika baru sebentar habis saya pikir akinya yg aspal gan.. hehe
Gtau di apain tuh kabel starter ,
Udah gitu di tes starter sma si montir ..
Ehhh malah mati semua klistrikan mtor ane ..
Dia bilang sekering nya putus .. Di ganti dahdah sma yg baru .. Tes lagi kontak di nyalain ,,
Tiba2 kok akinya kyk tekor apa gmna .. Speedometer nyala mati klo di rem blakang .. Klakson error .. Lmpu sein eror
Kata bang montir akinya rusak .. Kudu ganti yg baru .. Pdhal sblum sya tnya kbengkel .. Klakson , sein speedometer ok smua ,, cuma starternya aja yg error..
Kira2 itu apa nya ya min .. Apa emng kudu ganti aki baru nihh .. Thanks
Thanks.
Pas diengkol nyala, ga ad msalah sma klakson,spedomternya gan..
Yg saya tnya wktu kntak di On knapa stater, spedometer sma klakson nya ga nyala gan kira" aki ap sekring nya yg bermasalah gan???
Gl pro jika motor masih nyala tapi lampu mati berarti ada yang salah sama sambungan handle klakson dan sein. Buka saklar sein sama klakson yg biasanya ada di handle grip. Biasanya kotor.
Seperus Henratalia Selan honda win nya bisa karena soket lampu dan bel tidak kencang atau kotor. Amplas dulu gan sampai logamnya keliatan.
Beat fi agan pakai variasi apa ngga?
Beat fi 2014 bisa karena konslet kabelnya. Jika pakai variasi bisa dicek sambungannya.
Ian FC maksudnya gimana. Jika busi masih mengeluarkan api berarti tidak ada masalah dengan kelistrikan. Bisa jadi agan belum servis.
Kira msalah'ya ap ya gan??
Buat beat fi. Silahkan cek kabel sambungan variasi. Biasanya gosong. Walau nampak masih bagus tapi jika warnanya sudah coklat itu sudah tidak bisa mengalirkan arus.
Fu 2008, punya saya juga sering tekor mas. Itu bisa karena pengisian dan pengeluaran tidak seimbang. Usahakan rutin charger aki, min 3 bulan sekali. Jika sebelum 3 bulan aki sudah tekor itu bisa karena sering pakai starter otomatis.
cause masalahnya sma dngan mtr sy.
tolong info ya
email kamilhusni23@gmail.com
Buat akbar cek aki dengan nyalakan sein atau klakson. Jika tidak nyala berarti akinya habis.
Harga sekring kw sekitar 3000 perak.
Sama2
Jika tidak mungkin sekring ada yang putus.
1. Sekring putus. Karena fungsi sikring sebagai pengaman jika ada konsleting mendadak. Coba cek
2. Kabel antar sambungan konslet. Ini mengakibatkan kabel gosong dan tidak bisa mengalirkan arus listrik. Coba cek sambungan kabel yang agan sambung manual dengan memlintirnya ( sambungan tidak standar )
Tks
admin 3
Minta tolong pencerahannya gan...
Reply yaaa gann
ini termasuk indikasi bahwa aki agan sudah mulai melemah, ane saranin cepat cepat di cas / charger ulang, karena jika aki kering agan sudah benar benar habis maka aki tidak akan bisa diisi ulang, harus ganti baru
Saran lagi untuk perawatan aki dan mesin lebih baik biasakan panaskan mesin sebelum digunakan, sekitar 5-10 menit. Tks
motor fu agan ada masalah dengan kabel bodinya, pertama apakah agan ada / pernah menyambung kabel untuk variasi / service. Jika iya coba cek sambungannya. Lihat kondisi kabel, jika warnanya sudah hitam berarti kabel sudah tidak layak pakai.
jika tidak sempat service silahkan copot saja soket lampu belakang
Tks
Saya sama temen mencoba liat dari youtube hasilnya bisa tapi lampu menyala semua, setelah di kembalikan normal malah semua mati, tak ada lampu satu pun yang hidup setelah di kontak on, tapi saya mencoba menghidupkan dari remot alarm motor bisa hidup...
Saya minta solusi nya bagaimana gan...
Untuk cbr bisa jadi aki tekor. Coba pakai aki teman dulu. Jika iya maka harus beli aki baru.
jenis sekring
salahan ane sama yg kaya agan alam.in...pas ane ganti sekring cadangan punya beat ane, kelistrikan nya lgsg stabil...tadi nya udh mikir mw ke bengkel....thanks bngt gan, bermanfaat sekali info nya
motor saya honda beat injeksi, sekring merah (10) suka putus, alhasil stater tangan, klakson, dan lampu sen gak berfungsi
itu kenapa ya ? konslet ?
kira2 di bagian mana ?
mohon bantuannya
Terima kasih
Kira kira kenapa yahh gan
Trima kasih
Kira kira kenapa yahh gan
Trima kasih
Kira kira kenapa yahh gan
Trima kasih
Possibility kalo kelistrikan mati total tanpa gejala aki soak:
- Sekring Putus
- Socket lepas/kotor
- Kabel Putus
- Jamur/Karang Aluminium aki
Possibility penyebab aki soak:
- Kiprok/Spul rusak
- Penggunaan komponen aftermarket diluar standar
- Perubahan arus AC ke DC
Itu aja yang ane tau gan.. semoga bermanfaat
Thanks agan-agan 😀
Ane baru ganti lampu ori pake lampu 3in1 di klx terus ga sengaja kebalik sambung kabel eh tiba2 lampu indikator+sein+starter mati semua, yaudah ane coba kick aja. Pertama motor hidup pake kick starter, saat mau bungkus pake sealent tuh sambungan ga sengaja lagi kena sambungan jalur kabel lain ehhh motor + kelistrikan mati semua, udah ane kick tetep aja gamau nyala tuh motor.
Kira2 kerusakan pada apa ya gan???
Trims