-->

Fungsi Kiprok dan Ciri Ciri Kiprok Rusak

Posting Komentar
Oke gan. Tidak lupa sambil menyapa agan Davysqrider yang mungkin sedang santai atau malah pusing karena sepeda motornya akinya tekor terus walau sudah ganti baru. Selamat pagi dan selamat beraktifitas.

Baca juga :


Tapi kali ini kami hanya ingin menjelaskan apa fungsi kiprok saja. Karena agan Davysqrider pasti akan bertanya tanya apa itu kiprok dan bertanya fungsi komponen yang lain setelah membaca link diatas.

😀 jadi Kiprok adalah salah satu komponen kelistrikan yang  wajib dimiliki suatu unit kendaraan bermotor, kiprok atau kata lainnya bisa disebut charger bila kita samakan jika sepeda motor adalah handphone dan juga kita bisa sebut regulator jika kita samakan sepeda motor adalah alat elektronik.

Berarti secara tidak langsung kami sudah menjelaskan fungsi dari komponen kiprok. Tapi alangkah baiknya jika kami menjabarkan secara implisit apa itu kiprok.

Pertama dilihat dari fungsinya sebagai charger maka kiprok adalah komponen penting dalam proses pengisian aki agan. Jadi jika kiprok agan mengalami kerusakan maka akan dipastikan aki sepeda motor agan akan cepat habis atau low bat.

Baca juga :


Kedua jika dilihat dari fungsinya sebagai regulator maka kiprok adalah komponen penyetabil tegangan yang dihasilkan oleh spul . ( apa itu spul? ) Nah jika kiprok agan rusak maka akan dipastikan komponen lain yang menggunakan listrik akan pendek umur. Ciri fisik yang akan terlihat adalah lampu lampu agan yang akan mulai putus satu persatu. Tapi yang lebih gawat lagi jika berimbas pada komponen CDI agan. Pertama akan mulai terasa mbrebet dan lama kelamaan api akan segera padam dan CDI agan wafat. 😁

Nah gimana? Semoga bisa membantu agan agan yang sedang bingung kenapa motornya lampu sering putus atau aki cepat tekor. Mungkin kiprok salah satu masalah agan.

Salam Davysqrider. Salam satu aspal.
Jika ada tambahan atau masukan mengenai masalah kita hari ini mengenai kiprok silahkan tambahkan di bilah komentar. Semoga bisa membantu teman rider yang lain.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter