-->

Fungsi Spul dan Ciri ciri Spul Rusak

1 komentar



Spul adalah salah satu komponen penting dalam suatu unit kendaraan. Spul atau kumparan atau lilitan tembaga ini fungsinya sebagai sumber penghasil energi listrik yang akan memasok seluruh kebutuhan electrical motor dan mengisi ulang atau mencharger aki. Arus yang dihasilkan oleh spul adalah arus AC atau bolak balik. Jadi kita ambil kesimpulan jika komponen ini rusak maka akan dipastikan motor akan mati total. Ciri ciri spul mati secara fisik adalah kumparan akan terlihat gosong seperti terbakar.

Baca juga :
- Diskusi Cara Mengatasi Motor Matic yang Tidak Bisa distarter
- Diskusi Pengertian Kelistrikan Sepeda Motor Fullwave dan Halfwave 



otomotif sembilan
Kenapa spul bisa gosong? Mungkin ini yang akan ditanyakan para pengguna sepeda motor yang spulnya gosong dan ingin mencegah terjadi kembali.

- kemungkinan soket kendor dan mengakibatkan loncatan arus. Loncatan arus ini bisa mengakibatkan soket terbakar. Cara mengatasinya dengan mengencangkan soket tersebut

- soket antar terminal berjamur. Ini karena umur komponen. Adanya jamur bisa menghambat arus mengalir. Cara mengatasinya dengan membersihkan jamur tersebut.

- soket gosong karena kualitas bahan tidak sesuai dengan besar arus yang mengalir. Maka lama kelamaan akan meleleh dan gosong. Cara mengatasinya dengan menggantinya dengan komponen yang lebih bagus.
Semoga membantu. Jika ada tambahan atau masukan silahkan tambahkan di bilah komentar. Tks

Related Posts

1 komentar

Silverchaniago mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Subscribe Our Newsletter