-->

Diskusi Cara Mengatasi Motor Matic yang Tidak Bisa distarter

Posting Komentar


vikasgirkarblogspotcom gbr


Salam para penunggang kuda bermesin. Gimana kabar kuda agan? Semoga dalam keadaan sehat wal'afiat dan bisa diajak jalan jalan apalagi mau diajak kerja. Kali ini DQR mencoba mengulas masalah penyakit motor matic yang susah distarter saat mau dibawa kerja atau kepentingan agan yang lain. Yang pastinya kalau tidak menyala2 agan akan gugup, panik dan bermandikan keringat karena berusaha mengengkol kick starter tapi tidak ada hasilnya padahal sedang terburu.

Nih, hasil diskusi kami menyoal motor matik yang tidak mau menyala saat distarter. Diambil dari pengalaman motor matic keluaran terbaru tetangga sebelah. Nah, dari pada agan davys cape mengengkol tuh matic, coba cek dah motor matic agan davys di bagian bagian ini.

Hasil diskusi motor matic yang tidak bisa distarter padahal lagi terburu buru mau berangkat kerja.

1. Rem tangan

Jangan lupa tarik rem tangan matic agan. Biasanya agan lupa tarik tuh rem tangan karena biasa pakai motor non matic. Kayak ane dulu pertama naik motor matic punya temen dan tidak mau nyala saat distarter. "Tu rem tangan ditarik belum?" Kata temen ane. Wkwkw malu abis gan.

Ingat !! Semua motor matic harus tarik rem tangan jika mau menyalakan motor. ( safety sistem )

2. Standar samping

Tekhnologi semakin keren dan kita juga harus semakin keren. Tidak hanya motor matic, tapi sebagian besar motor keluaran terbaru pasti menganut safety sistem ini. Yaitu motor akan mati jika kita standar samping kan. Nah, ini juga bisa terjadi jika agan dalam posisi terburu buru, lupa menaikan standar samping yang walhasil motor tidak bisa di elektrik starter. Ini karena otomatis sistem jika standar samping masih terstandar maka elektronik starter tidak akan berfungsi.

Baca juga :
Diskusi Melepas Baut yang Patah di dalam
Cara mudah memperbanyak like facebook

3. Busi

Masih tidak mau menyala? Coba cek businya. Busi agan kotor yang menyebabkan pengapian tidak sempurna dan bisa juga busi sudah tidak menghasilkan api sama sekali. Mengapa busi bisa kotor, padahal kan letaknya di dalam mesin. Busi kotor bisa saja terjadi karena hasil pembakaran BBM dan Udara yang tidak standar pengguna.

4. Aki

Mungkin kami menyimpulkan jika menyoal aki hanya untuk motor yang tidak bisa pakai elektrik starter. Karena jika aki soak pun kita masih bisa pakai kick starter. Tapi tidak ada salahnya jika agan rutin isi ulang atau ganti itu aki soak. Ini karena jika dibiarkan berlarut larut maka komponen lain yang akan menerima imbas dari kesoakan aki agan.

Ingat !! Aki selain digunakan sebagai penyimpan energi listrik tetapi juga sebagai penyetabil arus dan tegangan. Jika tegangan naik turun maka umur komponen lain akan semakin pendek.

5. Karburator masuk angin

Untuk semua jenis motor. Diambil dari pengalaman teman DQR yang berusaha keras menyetarter dan mengengkol tapi tidak mau menyala tu motor. Jika terdengar seperti ngempos saat di starter bisa saja karbu agan masuk angin. Ini bisa terjadi karena ada guncangan yang mengakibatkan terjadinya gelembung yang masuk dalam karbu. Ini bisa diatasi dengan terus mengengkol kick starter agan. Memang butuh waktu beberapa menit. Tapi dijamin sembuh.

6. Kabel

Kami DQR selalu mengingatkan soal kabel di motor agan. Ini untuk semua motor, bukan hanya motor matic saja. Pasanglah variasi motor yang menggunakan listrik dengan benar. Jangan asal menghubungkan kabel dan asal plintir dan selotip. Pakailah soket penghubung antar sambungan. Kenapa? Karena ini terjadi pada teman2 DQR yang suka pasang variasi lampu yang asal plintir. Kabel bisa gosong dan menjalar ke seluruh kabel bodi. Yang mengakibatkan listrik tidak bisa mengalir dengan baik dan komponen2 motor akan error atau bahkan mati.

Semoga membantu.
Jika belum silahkan googling lagi di blog sebelah. Dan jika ada tambahan masukan pengalaman silahkan agan corat coret di bilah komentar agar rider lain bisa terbantu.

Salam hangat dari team DQR.

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter