-->

Cara Merawat Sistem Kelistrikan Motor

Posting Komentar
DavysQRider - Okeh kali ini ane coba posting soal kelistrikan motor, tentang gejala, komponen2 utama kelistrikan di motor dan harga pasaran jika ganti baru.
Agan2 mungkin yang belum mengerti betul soal kelistrikan pasti akan menyepelekan masalah ini. Padahal sangat berpengaruh ke performa mesin agan, baik langsung ataupun tidak langsung. Okeh, gejala yang akan agan langsung rasakan seperti :
1. Mesin tiba2 mogok.
2. Mesin tidak bisa dihidupkan saat pertama kali.
3. Laju motor kurang halus di RPM tinggi.
4. Terkadang bahkan lampu ikut2an putus.
Nah mungkin salah satu komponen kelistrikan ini yang bermasalah di motor agan
.
1. Kiprok
Kalau bahasa televisinya adaptor. Nah Kiprok memiliki peranan cukup besar di bidang kelistrikan motor agan.
Fungsinya neh gan
1.1. Mengubah arus bolak balik jadi searah
1.2. Menstabilkan arus sesuai konsumsi
1.3. Mencharger aki agan2
Konsumsi komponen motor agan umumnya 12 Volt dan arus searah. Maka dengan alat ini semuanya dapat dipenuhi. Masalah yang timbul jika Kiprok rusak akan menjalar ke komponen lain. Pertama aki akan cepat habis, terus tegangan listrik tidak stabil, lampu pun putus. Klakson tidak bunyi karena aku habis, starter mati tentunya.

2. Sepul / generator
Fungsinya untuk mensuplai listrik di motor agan tentunya dan mengisi aki agan biar ga habis. Untuk perawatannya ga cukup banyak pilihannya, hanya agan harus rutin ganti oli biar lilitan tembaga tidak hangus terbakar karena mesin overheat.

3. Battery / accu / aki
Fungsinya untuk menyimpan energi yang di hasilkan sepul. Untuk perawatannya tergantung jenis aki agan2. Apakah masih menggunakan aki basah atau aki kering. Jika aki basah agan harus rajin cek air aki, jangan berlebihan juga jangan sampai habis. Untuk aku kering agan hanya perlu melihat kondisi kiprok agan apakah masih ok atau sudah tidak bisa mengisi aki agan. Atau bisa charge aki kering agan saat sudah lampu mulai redup.

4. Kabel bodi
Fungsi kabel bodi untuk menyalurkan listrik ke komponen yang dituju. Namun begitu kompleksnya susunan kabel bodi jika ada konsleting satu, pasti akan menjalar ke yang lain. Lebih baik agan ganti dengan yang original, karena sudah pasti awetnya.
Untuk harga masing2 komponen kelistrikan dan tips mengakalinya cek disini.
Semoga bermanfaat. Salam satu aspal.
DAVYSQRIDER

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter