DAVYSQRIDER+
Have a launch, yang lagi santai dan lagi cari artikel soal kelistrikan motor, kami mencoba merangkum hasil diskusi menyoal cara membedakan sistem pengapian AC dan DC. Dan berikut pertanyaan yang diajukan saudara M. Zul di forum bengkel online. Muhammad Zul ,"agan2 yg da d grup ini, bagi ilmunya donk. cara mudah membedakan sistem pngapian AC atau DC pd motor gmn y?? mksh".
Berikut ini hasil diskusi yang coba kami rangkum agar mudah di aplikasikan. Beberapa cara mudah membedakan sistem pengapian motor AC atau DC :
1. Kabel yang dari spul dipegang nyetrum atau tidak. Ini cara jika agan tidak punya multimeter. Pengertian Spul dan fungsinya.
2. Starter motor atau diengkol, tempelin kabel spul ke bodi, jika ada percikan berarti AC
3. Jika kontak on dan lampu nyala berarti sistem DC, sebaliknya jika AC lampu akan nyala semakin terang jika digas.
4. Jika menyoal Sistem pengapiannya coba copot akinya. Jika dicopot tetap bisa menyala berarti sistem pengapiannya AC, sebaliknya jika tidak berarti sistem pengapian motor menganut sistem DC.
5. Lihat kabel kontak, jika 2 berarti DC, jika 3 berarti AC
Banyak pernyataan atau pendapat menyoal sitem pengapian motor AC atau DC. Berikut pernyataan menurut kami. Sistem pengapian pun semakin kesini semakin diperbaiki, ya memang dulu semasih pakai platina sistem pengapian pasti full AC, namun sejak ada CDI sistem mulai berganti ke DC, namun tidak langsung full DC, makanya banyak pendapat teman teman yang berbeda, mungkin karena tingkat generasi atau umur. Dan sejak keluar motor injeksi sekarang sistem berubah menjadi full DC.
Nah kenapa yang tidak full DC motor masih bisa menyala jika aki dicopot? Menurut kami itu karena dari pabrikan sudah disetting jika supply DC dari dari aki tidak ada arus maka secara otomatotis spul akan mengirim arus ke kiprok, dan dari kiprok langsung di teruskan ke CDI dan lampu. Nah karena kiprok brkerja maksimal dan arus yang dikeluarkan tidak sesetabil keluaran aki maka motor akan mbrebet dan lampu tidak terang tergantung perputaran spul, semakin tinggi RPM semakin stabil dan terang lampu menyala.
Baca juga :
- Spedometer Motor Mati, Ini Beberapa Masukan Rider Soal Penyebabnya
Semoga membantu, silahkan tambahkan pendapatnya fi kolom komentar.
SSFL
Have a launch, yang lagi santai dan lagi cari artikel soal kelistrikan motor, kami mencoba merangkum hasil diskusi menyoal cara membedakan sistem pengapian AC dan DC. Dan berikut pertanyaan yang diajukan saudara M. Zul di forum bengkel online. Muhammad Zul ,"agan2 yg da d grup ini, bagi ilmunya donk. cara mudah membedakan sistem pngapian AC atau DC pd motor gmn y?? mksh".
Berikut ini hasil diskusi yang coba kami rangkum agar mudah di aplikasikan. Beberapa cara mudah membedakan sistem pengapian motor AC atau DC :
1. Kabel yang dari spul dipegang nyetrum atau tidak. Ini cara jika agan tidak punya multimeter. Pengertian Spul dan fungsinya.
2. Starter motor atau diengkol, tempelin kabel spul ke bodi, jika ada percikan berarti AC
3. Jika kontak on dan lampu nyala berarti sistem DC, sebaliknya jika AC lampu akan nyala semakin terang jika digas.
4. Jika menyoal Sistem pengapiannya coba copot akinya. Jika dicopot tetap bisa menyala berarti sistem pengapiannya AC, sebaliknya jika tidak berarti sistem pengapian motor menganut sistem DC.
5. Lihat kabel kontak, jika 2 berarti DC, jika 3 berarti AC
Banyak pernyataan atau pendapat menyoal sitem pengapian motor AC atau DC. Berikut pernyataan menurut kami. Sistem pengapian pun semakin kesini semakin diperbaiki, ya memang dulu semasih pakai platina sistem pengapian pasti full AC, namun sejak ada CDI sistem mulai berganti ke DC, namun tidak langsung full DC, makanya banyak pendapat teman teman yang berbeda, mungkin karena tingkat generasi atau umur. Dan sejak keluar motor injeksi sekarang sistem berubah menjadi full DC.
Nah kenapa yang tidak full DC motor masih bisa menyala jika aki dicopot? Menurut kami itu karena dari pabrikan sudah disetting jika supply DC dari dari aki tidak ada arus maka secara otomatotis spul akan mengirim arus ke kiprok, dan dari kiprok langsung di teruskan ke CDI dan lampu. Nah karena kiprok brkerja maksimal dan arus yang dikeluarkan tidak sesetabil keluaran aki maka motor akan mbrebet dan lampu tidak terang tergantung perputaran spul, semakin tinggi RPM semakin stabil dan terang lampu menyala.
Baca juga :
- Spedometer Motor Mati, Ini Beberapa Masukan Rider Soal Penyebabnya
Semoga membantu, silahkan tambahkan pendapatnya fi kolom komentar.
SSFL
72 komentar
bagaimana cara atasinya? Trmmksh
Kedua, cek dinamonya, kemungkinan karena lama gak dipakai dinamo menjadi kotor, coba dibuka dan bersihkan sekalian lihat arabgnya. Kalau gak dipakai seharusnya arangnya masih banyak.
motor saya honda gl, dia nggak mau nyala klo ngga pake aki.. truss aki cepat lowbat .. aki hanya bertahan seminggu sehabis di cas....
kira2 apanya yang bermasalah om..?
trimakasih
Beat 2012 sudah dc bang. Jika tidak nyala bisa karena kiprok atau spul egan bermasalah. Jika iya berarti bentar lagi agan akan kehabisan aki lagi dan harus beli lagi akinya..
Mio M3. Lampu LED DC, jadi pasang saja. Cuma liat watt lampu LED sama atau tidak specnya. Jika lebih kecil maka dipastikan umur lampu hanya beberapa hari.
bang yuli, kiprok agan y stavol agan.
Byson agan semi DC. Berarti lampu2 lngsung ditopang aki. Tapi jika aki dicopot dipastikan lampu agan ikut rpm.
tks
soalnya kan lampu utama nyala pas mesin hidup?
mohon di jawab bang :D
tapi waktu mesin dinyalain dan di gas, lampu sedikit lebih terang, apakah artinya menganut semi dc? (Minerva 150r gen6 2009)
Rencana mau ganti led 8W, bohlam asli 18w (lampu depan 2 bohlam). Bisa ga ya gan? Apa harus cari yg led 18w juga? Atau boleh diatas 18w?
Mohon pencerahannya gan thanks 🙏
supranya lampu senja dc.
Kalau cdi bisa dibaca spechnya. Jika sama sama DC tidak usah dirubah.
Post by jack
Mohon pencerahannya🤗
Untuk beat bisa langsung pasang.
thanks
Honda BEAT ESP CBS ISS 2015
itu sudah DC atau belum ? temen saya banyk yg bilang ada yg Jawab sudah DC , ada yg bilang msh AC . mana yg benar bingung mas...
Lampu Utama msh Bohlam, saya ksh Saklar ON/OFF , lampu utama menyala bila saya starter, tapi ketika STANDAR saya turunkan , saklar ON/OFF tetap bekerja dan lampu tetap bisa MATI dan MENYALA ..
mohon di jawab
thx.
Ninja 150rr taon 2009
Itu AC or DC yah ?
Soalnya ane mau ganti lampu LED
Thanks gan