Setelah beberapa tahun Mio GT mengaspal di jalan, kini mulai banyak penggunanya mengeluhkan penyakit Mio GT yang suka mati mendadak. Memang setiap motor pasti punya penyakit khas masing masing. Seperti Satria dengan rantai keteng yang berisik, Tiger dan Megapro dengan tangkinya yang suka rembes dll. Namun sekarang kita akan fokus membahas soal penyakit khas Mio GT yang suka mati mendadak saat dibawa jalan.
"maaf saya mau nanya gan .. mio gt saya tiba2 ko mati ya gan , gak bisa di starter atau di sela gan, pas di on tapi lampu injeksi nya masih normal , tapi pas saya coba buat starter malah lampu injekai nya kedip2 gan .. ada yang pernah ngalamin gak gan ? kira2 masalah dimana ya gan ? kalau masalah aki apa emang iyaiya bener2 bisa gak hidup sama sekali ya gan." Tanya saudars Rival di salah satu group Mio GT Indonesia.
"maaf saya mau nanya gan .. mio gt saya tiba2 ko mati ya gan , gak bisa di starter atau di sela gan, pas di on tapi lampu injeksi nya masih normal , tapi pas saya coba buat starter malah lampu injekai nya kedip2 gan .. ada yang pernah ngalamin gak gan ? kira2 masalah dimana ya gan ? kalau masalah aki apa emang iyaiya bener2 bisa gak hidup sama sekali ya gan." Tanya saudars Rival di salah satu group Mio GT Indonesia.
Mungkin rider mio yang lain juga pasti ada yang senasib dengan teman kita diatas. Nah, kali ini kita akan merangkumkan hasil duskusi tentang masalah tersebut. Pertama kita bisa mulai dari mengecek aki terlebih dahulu. Jika tidak punya alat voltmeter kita bisa gunakan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengecek aki sudah akan mulai habis atau tidak. Seperti masukan dari saudara Awan Hernandez Da Silva,"Lampu nya redup ga klo sambil di rem , klo ia berarti aki nya sudah akan habis". Jika lampu memang sudah tidak nyala sama sekali kita bisa cek klaksonnya, coba bunyikan klakson, jika suara sudah tidak nyaring lagi berarti akinya. Tapi kadang kadang klakson akan normal lagi kadang kadang tidak.
"Barusan ane ke beres bro. Rata rata Soul GT pernah mengalami mati mendadak gitu..bahkan mekanik sendri juga pernh menganalisinya. Katanya itu masalah kompresi. Engine terlalu panas. Cara menanggulanginya katanya cabut cangklong busi terus dimasuki oli bekas sebagai pancingan gan. Hal yang sama dilakukan bengkel pinggir jalan saat motor ane mati kemaren. Makanya mekanik menyarankan agar membawa oil bekas. Biasanya dibawa pake botol exs oli gardan." Saran Raul Ratino Alhafidz dalam diskusi kali ini.
Menurut kami hal ini bisa dikonsultasikan ke mekanik masing masing agar penyakit tidak kambuh lagi. Jika menggunakan pengalaman Raul Ratino Alhafidz maka hal itu hanya membantu sesaat, namun tidak menyelesaikan sumber penyakitnya.
Jika rider lain punya masukan silahkan tinggalkan komentar. Agar rider mio yang lain bisa terbantu. Salam satu aspal.
- Update diskusi 6 Mei 2017 tentang masalah mio yang suka mati mendadak.
- Update diskusi 10 Mei 2017 tentang masalah mio yang suka mati mendadak.
25 komentar
pas ane kbengkel dcek2 mlh staternya ngebul dan kbakar itu kira2 apanya ya gan??
thanks
Kemungkinan kedua agan pakai variasi lampu atau alarm atau yang lainnya yang berhubungan dengan aliran listrik motor. Karena dalam proses pennyambungan modal putar kabel maka bisa terjadi loncatan listrik jika kendor. Atau kabel tersebut menempel ke rangka motor.
Solusinya ganti kabel baru gan.
http://davysqrider.blogspot.in/2016/05/solusi-masalah-mesin-motor-yang-tiba.html
Thnks
jika masih bermadalah silahkan koment kembali, karena ada beberapa faktor yang berpengaruh
jack admin 3
untuk masalah agan gilang kami belum tau pasti sumber masalahnya
Mohon maaf.