-->

Pemecahan Masalah Penyakit Mio GT yang Suka Mati Mendadak (Diskusi)

25 komentar
Setelah beberapa tahun Mio GT mengaspal di jalan, kini mulai banyak penggunanya mengeluhkan penyakit Mio GT yang suka mati mendadak. Memang setiap motor pasti punya penyakit khas masing masing. Seperti Satria dengan rantai keteng yang berisik, Tiger dan Megapro dengan tangkinya yang suka rembes dll. Namun sekarang kita akan fokus membahas soal penyakit khas Mio GT yang suka mati mendadak saat dibawa jalan.





"maaf saya mau nanya gan .. mio gt saya tiba2 ko mati ya gan , gak bisa di starter atau di sela gan, pas di on tapi lampu injeksi nya masih normal , tapi pas saya coba buat starter malah lampu injekai nya kedip2 gan .. ada yang pernah ngalamin gak gan ? kira2 masalah dimana ya gan ? kalau masalah aki apa emang iyaiya bener2 bisa gak hidup sama sekali ya gan." Tanya saudars Rival di salah satu group Mio GT Indonesia.



Mungkin rider mio yang lain juga pasti ada yang senasib dengan teman kita diatas. Nah, kali ini kita akan merangkumkan hasil duskusi tentang masalah tersebut. Pertama kita bisa mulai dari mengecek aki terlebih dahulu. Jika tidak punya alat voltmeter kita bisa gunakan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengecek aki sudah akan mulai habis atau tidak. Seperti masukan dari saudara Awan Hernandez Da Silva,"Lampu nya redup ga klo sambil di rem , klo ia berarti aki nya sudah akan habis". Jika lampu memang sudah tidak nyala sama sekali kita bisa cek klaksonnya, coba bunyikan klakson, jika suara sudah tidak nyaring lagi berarti akinya. Tapi kadang kadang klakson akan normal lagi kadang kadang tidak. 

"Barusan ane ke beres bro. Rata rata Soul GT pernah mengalami mati mendadak gitu..bahkan mekanik sendri juga pernh menganalisinya. Katanya itu masalah kompresi. Engine terlalu panas. Cara menanggulanginya katanya cabut cangklong busi terus dimasuki oli bekas sebagai pancingan gan. Hal yang sama dilakukan bengkel pinggir jalan saat motor ane mati kemaren. Makanya mekanik menyarankan agar membawa oil bekas. Biasanya dibawa pake botol exs oli gardan." Saran Raul Ratino Alhafidz dalam diskusi kali ini.

Menurut kami hal ini bisa dikonsultasikan ke mekanik masing masing agar penyakit tidak kambuh lagi. Jika menggunakan pengalaman Raul Ratino Alhafidz maka hal itu hanya membantu sesaat, namun tidak menyelesaikan sumber penyakitnya.

Jika rider lain punya masukan silahkan tinggalkan komentar. Agar rider mio yang lain bisa terbantu. Salam satu aspal.


  • Update diskusi 6 Mei 2017 tentang masalah mio yang suka mati mendadak. 
Mio soul gt, mio gt, mio j , lampu depan hrus 25watt/dibawah 25 watt,kalau di atas 25 wat mesin akan mati2 ,karena suplay arus dari accu yg masuk ke ecu akan kurang,kinerja ecu akan berkurang,lebih parah nya lg accu akn cpt tekor 

  • Update diskusi 10 Mei 2017 tentang masalah mio yang suka mati mendadak.
Ganti sekring. Punya saya (sdr. Dian) juga dahulu baru 3 bulann sudah mati. Tetapi habis ganti sekring langsung tokcer (ok). Tips : Bawa sekring cadangan saja untuk berjaga jaga jika sekring putus dalam perjalanan. Berikut Gambar letak sekring yamaha mio soul gt 

Related Posts

25 komentar

Unknown mengatakan…
Buka aja tutup bensinnya trus tutup lg,coba start lg.
Unknown mengatakan…
gan ane mw tnya ko mio gt ane tdnya nyala pas udh berhenti trs mau jln lg tba2 gx bsa dstater dan di engkol jg gx bsa tp tlakson bsa..
pas ane kbengkel dcek2 mlh staternya ngebul dan kbakar itu kira2 apanya ya gan??
thanks
DQR CHANNEL mengatakan…
Ada kabel yang konslet, solusinya ganti kabel di bagian yang konslet.

Kemungkinan kedua agan pakai variasi lampu atau alarm atau yang lainnya yang berhubungan dengan aliran listrik motor. Karena dalam proses pennyambungan modal putar kabel maka bisa terjadi loncatan listrik jika kendor. Atau kabel tersebut menempel ke rangka motor.

Solusinya ganti kabel baru gan.
Anonim mengatakan…
Gan saya mau nanya nic motor mio soul GT saya ni kalau bensinya tiggal sisa 1 1/2 liter gk mau lagi nyala gan, tapi kalau di isi 2 liter ke atas br mau nyala gan, itu memang uda pengaturan dari pabriknx x gan?
Anonim mengatakan…
mio soul GT f1 saya jarang d pakai kmrin mslah cuman kadang mati sndiri saat jalan dan sya bawa k dealer yamaha gak tau d apakan pulangnya masih bagus bsoknya sya mw pakai gak mah nyala nyala lagi(mati total)aki baru.terima kasih butuh solusinya
Unknown mengatakan…
Klw punyaq mio j..waktu d.starter langsung mati smw trus lampu kuning kedip2 d.bel normal suaranya...ada yg bs bantu kira2
Anonim mengatakan…
gan mtor mio gt saya brmasalah nih. Pas d nyalain kontak ya yala lampu injeksen nya tpi pas d bawa jalan aga jauh kira2 sratus metr mtor nya mati mendadak gan. D minta kterangan nya.
seran andre mengatakan…
gan saya mau nanya. mtr soul gt saya tadi bisa di pakai, trus saya parkir, setelah saya mau pakai kembali kontaknya tidak nyala, saya starter kaki juga tidak bisa, masalahnya apa gan?
DavysQRider #2 mengatakan…
Cek link ini gan seran
http://davysqrider.blogspot.in/2016/05/solusi-masalah-mesin-motor-yang-tiba.html
Agung mengatakan…
Gan mau nanya,motor ane mio soul gt,udh sekitar 6 bln ini penyakitnya gk ilang" yaitu sering bgt brebet/ndut"an sering bgt kalo pas buat boncengan,,udh bolak balik ke bengkel remsi tp masih sering bgtu lagi,service injektor udah,aki masih oke,cvt udah service juga,,, ada solusi gak gan
Thnks
Unknown mengatakan…
Gan ane mau nanya nih ane kan punya mio gt 2014 itu awalnya saya hantem lobang, terus gara" kejadian itu motor ane kadang kalo di tarik suka kaya kaga ada tarikan seperti bensin mau habis padahal bensin saya full tank. Mohon solusinya agan" semua.
Unknown mengatakan…
Gan saya punya motor Seoul GT kadang suka mati sendiri kalo udah jalan apalagi kalo di full gas langsung dia mati tpi kalo di kurangi gasnya trus di gas lagi baru dia nyala atau jalan lgi..Mohon solusinya brow
Davysqrider #3 mengatakan…
itu karena filter udara agan perlu dibersihkan. Semakin di gas kebutuhan udara untuk pembakaran semakin besar, nah karena filter kotor maka udara tidak bisa mensuplai maksimal. Silahkan dibersihkan dahulu

jika masih bermadalah silahkan koment kembali, karena ada beberapa faktor yang berpengaruh

jack admin 3
Gallank mengatakan…
Gan motor saya juga tiba" mqti pas lgi jalan trs saya coba star nyala tapi ngga jln smua udh sya cek tapi gk mau idup lalu saya coba slah tpi lampu kdip gan mio gt. Masalahnya apa gan apa karna bensin gak naik atau mungkin kabel km nya mati jawab gan gaush diem aja saya pnasaran 4x saya bwa k bengkel masih gitu aja
davysqrider mengatakan…
Ini memang penyakit bawaan gan. Kami hanya bisa kasih saran untuk rutin service dan ganti oli. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

untuk masalah agan gilang kami belum tau pasti sumber masalahnya

Mohon maaf.
Anonim mengatakan…
Mio soul gt, mio gt, mio j , lampu depan hrus 25watt/dibawah 25 watt,kalau di atas 25 wat mesin akan mati2 ,karena suplay arus dari accu yg masuk ke ecu akan kurang,kinerja ecu akan berkurang,lebih parah nya lg accu akn cpt tekor
dian mengatakan…
Ganti sikring nya gan. Punya saya jga dulu bru 3 bln dah mati. Tapi abis gant sikring lngsung tokcer. Bawa sikring cadangan aja buat jaga jaga
Anonim mengatakan…
Punya saya mio j gan, klo mesin dingin hidup. Klo dah panas lgsg mati mendadak.. .. Kira2 solusiny gmna gan?
Unknown mengatakan…
Maaf min mau tnya mio soul gt 125 susah dpnx knpa ya min to lampu indikator nyala normal tetep gk mau hdp
bagas mengatakan…
Gan kok motor mio gt saya susah di atater y dan kalau motorny dipakai kadang gas nya tidak berfungsu terus injeksinya nyala dan kadang terus mati plese bantuanya y
Anonim mengatakan…
YG PUNYA BLOCK INI TOLONG DONG DI JAWAB PERTANYAAN AGAN2 SEMUA ITU . MASAK SIH DI CUEKIN .. KALAU GK BISA KASI MASUKAN YG REPONSIF JNGN DI BUAT NI BLOCK ..
Unknown mengatakan…
gan kok motor saya waktu dilampu merah tiba2 mati sendiri,besoknya aki langsung diganti karena gak bisa di starter. waktu sudah diganti tetap gak bisa nyala motornya kira2 apa yg salah ya gan?
Unknown mengatakan…
Sudah ganti aki. Juga sudh ganti kiprok malah sampe 2x ganti. Juga sudah ganti spull. Tp mio soul gt ane masih suka mogok. Kenapa yah. Tolong bantuannya
Anonim mengatakan…
Gan, ane baru ngalamin akhir-akhir ini. soul GT suka mati klo kondisi rem mendadak seperti jalan macet, alhamdulillah distater langsung hidup lagi. ribet aja klo jalan lagi penuh macet trus mati. jadi sebisa mungkin jangan rem abis sama agak sedikit tipis di gas klo jalan macet. klo dipanasin pagi dan jalan biasa pelan atau cepet normal2 aja. itu kenapa ya gan?
DQR CHANNEL mengatakan…
Mati mendadak bisa karena pangdam kecil dan filter kotor. Sering bersihkan filter udara, pengalaman filter udara mio gt gampang kotor
Subscribe Our Newsletter