-->

Kenapa Motor Sering Ngempos Bahkan Mati jika Digas atau Sudah Panas

Posting Komentar


DavysQRider++
Assalamualaikum kaum kuku hitam. Selamat saja mau pagi siang atau malam boleh la buat para penunggang kuda besi. Kembali lagi dengan kami yang tidak jelas dan tidak tampan juga tapi suka menabung. Kali ini kami mencoba mengulas kenapa motor hilang kompresi ( bahasa bengkel ), atau ngempos ( bahasa bengkel juga, tapi bengkel gaul ) bahkan suka mati mendadak ( bootloop, wkwk ). Bercanda gan.

Nah tanda tanda motor hilang kompresi biasanya jika electric starter di pencet g mau hidup hidup motornya. Lebih gampangnya lagi jika di kickstarter ( pakai engkol, genjot pakai kaki, digejoh2, hehe ) ga ada yang nyangkut atau ngelos aja berarti kompresi hilang ( silahkan dicari ). Nah berikut cara mengatasi jika motor tiba tiba hilang kompresi.

Baca juga : Kelistrikan Motor Mati Semua, Coba Check Bagian Ini!!

Pertolongan pertama pada motor yang hilang kompresi adalah :
1. Tunggu mesin dingin, matikan kontak, engkol kira kira 25 sampai 100 kali, kalau sudah cape dan belum nyala silahkan istirahat sejenak di bawah pohon ( jika motor mati mendadak di tengah jalan. Beli es klo ada yg jual. Hehe, baru baca solusi kedua.

Pertolongan pertama pada motor yang hilang kompresi jilid 2 :
2. Berdasarkan pengalaman banyak yang mengalaminya dan work 99% dan 1% atas ijin Yang Maha Kuasa maka motor bisa jalan kembali. Solusinya dengan memberi oli di lubang busi, jangan banyak bangak, 2- 5 tetes saja. Klo kebanyakan malah turun mesin ( misal 1 botol ). Ini bertujuan agar penyebab hilang kompresi berkurang ( tidak lenyap, karena inti dari penyakitnya harus disembuhkan )




Nyalakan sepeda motor dengan diengkol, jangan lupa pasang dulu businya, tadi kan dicopot buat masuk in oli ( olinya ngambil dari mana gan? ) ( ambil dari motor la, kan ada lubang masuk oli, pakai sedotan. Klo pakai oli baru berarti anda sudah dibengkel motor, g usah baca pos ringan selanjutnya ). Nah klo sudah menyala silahkan digeber pelan2 biar rontok dulu penyebab hilang kompresi. Trus jalan pelan2 saja. Besok baru bawa ke bengkel.

Nah sekarang baru obatnya, tadi kan pertolongan pertamanya.
Motor harus di scure, kenapa discure dan kenapa hilang kompresi atau kenapa dia pergi ( klo masalah ini tanyakan pada dia ). Penyebab motor hilang kompresi adalah karena kondisi ruang pembakaran bocor ( tidak vacum ). Bocor dari mana? Dari lubang klep keluar masuk bensin, udara dan sisa pembakaran. Ko bisa bocor? Kan ga kena paku? ( kalau tanya seperti itu saya sleding ).

Baca juga : Knalpot Berasap Putih Saat Dipanaskan Setelah Ganti Oli Baru ( Diskusi )

Kebocoran ruang kompresi terjadi karena pembakaran yg tidak sempurna menghasilkan karbon yang lama kelamaan mengendap di dinding pembakaran. Contoh saja ni ya gan,  pantat penggorengan yg menggunakan bahan bakar gas akan lebih bersih dari pada yang menggunakan kayu bakar. Jadi pemilihan bahan bakar sangat berpengaruh.

Berikut gambar ruang pembakaran yang kotor ( endapan karbon yang sudah menumpuk ) mengakibatkan klep tidak tertutup sempurna ( hilang kompresi ).

Ruang kompresi
penuh karbon

Kepala piston
Penuh karbon

Terimakasih sudah mampir, maaf tidak buatin kopi.
Salam satu aspal.
Wassalamualaikum

Gb oleh arsyad motor chanel

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter