-->

Rem belakang atau depan ngerem sendiri dan seret, coba cek bagian ini.

1 komentar
Bukan masalah biasa ternyata, jika rem belakang mengalami seret itu bisa menimbulkan masalah masalah yang lain. Contohnya seperti cakram akan cepat habis, bensin juga jadi boros karena tarikan berat dan yang paling bahaya adalah rem tiba tiba bisa macet saat riding.

Dari beberapa pengalaman yang pernah mengalaminya ada beberapa solusi yang harus di cek ketika rem seret. Berikut beberapa saran dari teman teman yang pernah mengalami rem seret saat dibawa jalan.


Pertama yang harus dicek adalah kaliper atau Piston rem, bisa jadi pemasangannya miring. Juga coba cek master rem, bisa jadi kotor atau bocor. Jika piringan bengkok ganti piringan, jika bracket kaliper bengkok ganti bracket, jika piston dan sealnya bisa dibersihkan, cara melepas piston dengan ditarik, bersihkan dengan amplas, dan beri gemuk pada karet seal. Cek karet seal, pengalaman jika karet keras atau sobek dikit maka piston g akan main. Ada juga yang nyaranin dikocok agar angin keluar, cara lain keluarin angin dengan mengisi tank minyak rem dengan membuka outnya yang kaya tutup pentil dengan kunci 8.

rem seret
kampas rem licin

Saran dari yang sudah sudah, mending pilih kampas rem yang lunak supaya yang kalah itu kampasnya bukan cakramnya.


Dengan kampas yang lunak juga sebenarnya daya cengkram lebih kuat. Kalau yang hard biasanya malah jadi licin dan tidak pakem jika kondisi cakram sudah tidak rata lagi,

Untuk pemasangan kampas sebaiknya juga disempatkan membersihkan kaliper atau piston remnya dari debu dan karat.  Cek juga kondisi minyak rem masih dalam batas minimal atau sudah harus ditambah. Jalan terakhir hanya dengan membeli master rem after market atau variasi.

Selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan, salam satu aspal. Selamat menunaikan ibadah puasa.


Tips jika tidak sempat service rem belakang yang seret karena mau mudik dengan menyemprotkan carbone cleaner ke area kampas rem dan piston rem,

Best regards buat grup suzuki satria f150 club. Semoga tambah saudara.

Related Posts

1 komentar

DQR CHANNEL mengatakan…
Test comments
Subscribe Our Newsletter