-->

Efek Knalpot Racing Untuk Motor 2 tak dan 4 tak. Harus tau !!

2 komentar

DavysQRider - Bagaimana kabar knalpot agan2? Apakah udah mbrebet atau bocor atau sobek karena benturan? Sip. Kali ini kami coba membahas tentang knalpot, pipa saluran terakhir pada mesin motor ini sangat berpengaruh dalam proses pembuangan akhir sebuah mesin bakar.

Alasan yang real karena jika tidak adanya knalpot hampir dipastikan tidak akan tercipta pembakaran didalam ruang bakar sebuah mesin. Karena api yang dinyalakan di ruang hampa udara pasti tidak akan mungkin menyala ( pelajaran adik ane di bangku SD ). So mesin gaakan nyala gan.

Menyoal knalpot standar atau racing itu sesuai selera agan2, namun ada dampak yang harus ditanggung agan2 jika memakai knalpot racing. Karena knalpot standar saja sudah cukup buat standar balap, jika emang mau balap, cuma butuh sedikit setting karburator atau ecu buat motor injeksi.

Efek pemasangan knalpot racing buat motor 2 tak dan 4 tak sangat berbeda jauh efek yang ditimbulkan. Dengan knalpot racing bagi mtr 2 tak performa naik drastis dibandingkan motor 4 tak gan. Terasa sekali lonjakan tenaga bahkan dari gigi satu, biasanya pada rpm 7000 tenaga akan terdongkrak drasti memuncak cepat melesat mencapai limit rpm. Lain cerita pada motor 4 tak, dampaknya tidak terasa bahkan tidak ada, dengan pemasangan knalpot racing paling tenaga awal bertambah sedikit sejak rpm 4000 lebih cepat dibanding tenaga yang diperoleh pada motor 2 tak yang baru keluar tenaga dirpm 7000. Penambahan di4 tak terasa signifikan bertambah panjang napas mesin baik gigi awal hingga akhir,…tapi belum tentu dengan pergantian knalpot ini topspeed bisa menyamain ketika mesin 4 tak motor itu tetap menggunakan knalpot standartnya.

Gimana gan? Pasti bertanya2 kan kenapa? nah binggung juga kan…sedangkan pada motor 2 tak walau belum setting maksimal atau bahkan blum ada settingan yang dirubah tapi performa yang didapat terlihat sepertinya perubahan dengan knalpot racing signifikan. Hal ini disebabkan perputaran kerja dan sistem kerja yang praktis pada mesin 2 tak juga mempengaruhi pola keluar sisa pembakaran tidak serumit pada mesin 4 tak…jadi begitu ganti knalpot langsung wusss…..

Trus gimana caranya dan masa sih,…knalpot std diganti knalpot racing pada motor 4 tak ga merubah topspeed atau malah turun dibanding topspeed std….hhmmm
Penasaran mengapa begitu..ya karena mesin 4 tak lebih rumit…perlu kerja 4 putaran kruk-as baru tercipta pelepasan diruang bakar yang berati tercipta ledakan..sehingga perlu pengukuran yang pas dan akurat agar knalpot racingnya bisa setara dengan knalpot buatan pabrikan yang tentu telah diukur mesin komputer dan dibuat berdasarkan riset…sedangkan rata2 knalpot racing dibuat oleh pabrikan kecil bahkan hanya dibuat oleh pengrajin yang rata2 hanya mengejar penjualan tanpa riset. Tapi kalau dipakai sekedar untuk keamanan suara dan gaya it’s ok tentu dengan resiko ada percepatan kerusakan mesin karena pembuangannya diperlancar over dari permintaan mesin.

Pada knalpot racing 4 tak agar mesin aman cukup menganti pilot jet berukuran 1 step lebih besar dari angka stdnya, selama mtr itu digunakan banyak pada rpm rendah dan dipergunakan diperkotaan yang hanya diperlukan rentang rpm 5000 sampai 8000 pemakaian normal. Namun bila sering berkitir diangka 6000 hingga 10000 ada baiknya menggunakan main jet juga yg dinaikkan 1 step dari angka stdnya.

Ada banyak settingan khusus untuk perlakuan simple pengantian knalpot std ke racing. Kalau nggak pas biasanya akan meledak. Faktor Utama Knalpot Meledak.

Semoga bermanfaat. Salam satu aspal.

Related Posts

2 komentar

Unknown mengatakan…
Wah Boleh di coba nih Gan dan salam kenal everything about fashion
Anonim mengatakan…
"Alasan yang real karena jika tidak adanya knalpot hampir dipastikan tidak akan tercipta pembakaran didalam ruang bakar sebuah mesin. Karena api yang dinyalakan di ruang hampa udara pasti tidak akan mungkin menyala ( pelajaran adik ane di bangku SD ). So mesin gaakan nyala gan."
Masa sih gan? sudah pernah saya coba lho di fu temen saya. Tanpa knalpot pun masih bisa nyala mesinnya. Dan tetep langsam kok. Meskipun suaranya jadi jelek banget. Meskipun tidak pakai knalpot, tidak akan menjadikan ruang bakar hampa udara.
Subscribe Our Newsletter