-->

Alasan dan Efek Open Filter Pada Motor Harian

3 komentar

DavysQRider - Salam modifikasi ABG, buat para rider newbie atau senior yang udah atau belum tau efek open filter atau OF, atau yang udah tau resikonya dan tetep OF tuh saringan udaranya.

Efek Open Filter Pada Motor Standar 125 atau 150 semakin menjamur di kalangan anak muda kita. Trend open filter atau mencopot bagian filter karburasi motor mulai dari revo fit, supra125, jupiterz atau mx­, vixion, satria fu , sampai ninja r atau ­rr sering sekali mencopot filternya atau istilahnya OPEN FILTER.

Yang jadi pokok bahasan adalah, Sebenarnya apa sih efek OF ke motor? Apa tidak apa2 jika di OF tuh motor?

Hasil survey bertanya pada temen dan anak2 ABG yang motornya di OF tentang alasan mereka membuka filter udara motornya, kebanyakan menjawab seperti ini gan :

1. Biar lebih enteng tarikannya
2. Biar suara karbunya “nyekik” or ngoook kayak suara mesin yang udah overhole
3. Biar keliatan gaul
4. Ikut2an temen, solidaritas gan, yayaya
5. Lagi galau juga bisa, bisa copot semua tuh bagian2 motornya. Depok jidat.
6. Silahkan ditambahkan sendiri alasan2 yang lebih masuk akal atau malah tambah irasional. Bhaha

Nah sekarang jawaban dari efek OF yang sebenernya. Jawaban dari orang bengkel kayak gini gan..

"Sip, kalau OF yang gak disertai oprekan mesin lanjutan atau minimal diperbesar pasokan bensinnya juga sama saja mas, ambil gampanganny­a gini, ruang kompresor dikasih udara banyak tapi pasokan bensin kurang, jadinya pasokan bahan bakar ke mesin “kering”, dan coba rasakan sendiri mesin standar dalam hal ini memakai satria fu yang paling umum OF, akan pelit di RPM bawah tapi memang suaranya ngeri, nguook2. Kalah jika dibandingkan satria fu standar yang filter karbunya terpasang,apala­gi kalau cuma main copot malah mesin yang nanti di kemudian hari akan hancur pistonnya, fungsi filter yang hilang untuk menyaring debu halus kini hilang. Debu walaupun sepersekian milimeter tapi tetap saja itu kotoran yang bisa merusak dinding piston,mau mesin awet ya biar terpasang semua bawaan pabriknya,janga­n main copot2 sembarangan,sem­ua kan ada gunanya.

Tips : lakukan modifikasi yang sehat buat motor harian agan2. Cari referensi jika akan main copot komponen mesin. Jangan asal ikut2 temen, atau malah kata temen yang modif aman ko... kekurangtahuan akan membuat motor agan2 berumur pendek.

Semoga bermanfaat, salam satu aspal by DavysQRider#2.

Related Posts

3 komentar

Naufal mengatakan…
FU saya kok malah enak ya tarikannya setelah lepas filter karbu yang std?
Tapi tetep saya pasangin filter aftermarket punya KTC yang model jamur itu. Setelah disetel lagi karbunya, rpm bawah emang nambah tapi dikit banget. Tapi rpm atasnya muantab bgt. Nggak cuma dapet suara ngoookk nya aja, tapi tenaganya lebih kerasa. Menurut saya mending pake filter aftermarket aja dari pada gk pake samasekali. Udara masuk lebih plong dan debu tetap terperangkap di filternya.
Anonim mengatakan…
Wah mendingan pake filter udara aftermarket aja. FU saya udah saya lepas filter orinya. Tapi tetep saya pasangin filter racing merk KTC yang model jamur. PJ dinaikin jadi 15, MJ dinaikin juga jadi 115 pake daytona. Setelan angin di setting lagi kira2 dapet 3/4 putaran. Segitu aja udah lumayan banget kerasa bedanya buat modif murah meriah. Udara segar makin banyak masuk, debu tetep kesaring. Suara nya gk cuma nggoookk, jadi agak nyekik2 gimana gitu hehe.. tarikan pun nambah dan lebih cepet sampe ke redline nya. wah ajib wes pokok e...
Abdullah Adnan mengatakan…
Wahaha gambarnya nyomot dari blog saya. Dasar tukang kopas.
Subscribe Our Newsletter