DavysQRider - Gimana gan kabar afan hari ini. Terutama ane mau tanya kabar motor agan2, apakah dalam keadaan sehat walafiat? Hehei.
Ini tentang cerita ane waktu dulu sempat awam dan mengalami hal seperti rantai keteng yang selalu kendor. Bunyinya itu loh yah bikin malu. (penasaran, tau-tau sama mekanik bengkel disuruh ganti rantai kamrat/keteng , padahal mahal kan gan). Terus ane coba browsing di mbah google, dan jawaban ini yang membuat ane lebih bijak lagi dalam menangani masalah rantai keteng yang cepat kendor.
1. Rantai keteng adalah rantai yang menerima putaran dari crankshaft untuk kemudian putaran tadi digunakan untuk menggerakkan camshaft di bagian head silinder. Camshaft sendiri mengatur buka tutup dari klep-klep yang mengatur gas masuk dan gas buang dari ruang bakar. Mengapa bisa rusak? sama halnya pada rantai sproket, rantai keteng juga bisa mulur karena berbagai faktor (contoh: suhu tinggi, putaran mesin yang tinggi, umur material, dan lain-lain).
Open order buat WPAP untuk foto single atau couple. Pas banget buat kado photoframe istimewa anti mainstream. Untuk order atau lihat sample lainnya check my IG @rhojacktrs.
2. Efek dari mulurnya rantai keteng akan menyebabkan putaran dari crankshaft tidak disalurkan dengan baik ke camshaft. Sehingga buka dan tutup klep bisa-bisa tidak akurat. Pada tahap pembiaran ekstrim, rantai keteng bisa loss atau copot dan sangat berbahaya dampaknya bagi mesin, karena rantai tadi bisa berhamburan di daerah gearbox dan head silinder sehingga mengenai part-part yang sedang bekerja pada putaran yang umumnya tinggi. (bisa pecah semua tuh nanti part-part dalemannya) Saran ane gan: jangan langsung mengiyakan saran mekanik biarpun bengkel standar. Sama dengan orang yang ditangani dokter, 1 dokter dengan yang lain bisa berbeda diagnosisnya. Jadi coba bawa (ga usah servis gapapa) untuk dikonsultasikan motornya ke beberapa bengkel (usahakan bengkel yang berpengalaman) karena kalo sudah mahir sebenarnya kondisi rantai keteng sudah bisa terdiagnosa jelas dari suara gemericik di mesinnya. Dan jangan lupa tanyakan, apakah kondisi tensioner (pemberi tegangan di rantai keteng) sudah perlu diganti juga/tidak. Karena bisa saja justru rantai keteng tidak apa2 tetapi tensionernya yang sudah lemah sehingga tegangan rantai keteng tidak sempurna (namun hal ini jarang terjadi, karena biasanya rantai keteng lebih cepat rusak dari pada tensionernya). Kalo ternyata 2 2 nya yang perlu diganti, saya sarankan ganti 2 2 nya dengan part asli / genuine (jangan mau ditawati abal2 biarpun berembel racing, dsm).
Dari pengalaman itu ane langsung going to bengkel, dan yang pertama ane minta adalah cek tensionernya, apakah sudah aus atau belum. Baru setelah itu ane minta ganti keteng bila memang masih bunyi kelotok2.
Oke gan, selamat mencoba. Salam satu aspal.
8 komentar
Buat fu nya menurut kami itu tidak akan mempengaruhi mesin. Jika pemasangan tidak benar maka yang akan terkena dampak langsung hanya lidah tensioner dan gear rantai keteng. Karena rantai keteng memiliki room sendiri yang terpisah dengan mesin. Tks
Aq tnya temen kbengkel ktanya sih rantai timingnya ,tapi blm trlalu parah ktanya. Tolong kasi saran dong bg,
Thx