-->

Oli Mesin Rembes, Diskusi Macam Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posting Komentar
Davysqrider Blog - Hal ini, merembesnya oli mesin bahkan sampai menetes  memang membuat was was. Rembesan oli mesin yang biasa terlihat secara umum pada seal gear depan, blok magnet, blok kopling atau blok head. Secara kasat mata blok mesin akan terlihat berkerak karena debu yang mengendap dengan oli mesin yang merembes. Atau ketika motor habis parkir lama akan meninggalkan jejak oli di lantai jika kondisi sudah parah.

Kenapa sih bisa rembes? Padahal belum pernah bongkar mesin.

Oli Mesin Rembes
Hati hati jika tanda2 rembes sudah terlihat, cek volume oli jika belum mau ganti oli lagi, jangan sampai mesin kehabisan oli karena rembes. Jadinya bisa turun mesin. Dan kenapa blok mesin bisa rembes padahal belum pernah dibongkar? Ini bisa jadi karena umur seal atau packing sudah umur. Tapi biasanya seal karet akan mengeras dan retak jika sudah berumur atau sering terkena panas dan hujan. Seal kick starter dan seal gear depan yang biasanya sering rembes.

Kebocoran lain biasanya pada baut pembuangan oli, karena memang sudah umur dan kondisi baut sudah mulai aus maka oli akan mudah menetes pada bagian tersebut.


Maka sangat disarankan untuk yang bongkar mesin pasti packingnya harus ikut diganti, karena sudah tidak bagus jika dipakai lagi, apa lagi kalau packing kertas atau paperpacknya robek saat bongkar mesin. Untuk seal karet bisa diakalin pakai lem aibon jika tidak mau ganti, biasanya packing parera susah ditemui maka cara ini sangat dianjurkan.

Oli rembes yang tak tampak?


Emang ada oli rembes yang tak tampak mata? Ini ada gan, untuk orang biasa mungkin tidak paham klo oli mesinya ada kebocoran, malahan yang tak tampak ini yang lebih berbahaya karena ketahuaanya nanti saat mesin sudah mati total.

Bagian mana oli rembes yang tak nampak?

1. Oli Mesin Rembes Ke Radiator
Pertama untuk motor dengan liquid cooller,  seperti punya HONDA Vario 110 Karbu, Vario 125, Vario 150, Honda CB150R dan Honda CBR150R. Sedang punya Yamaha Jupiter MX, Vixion, R15, N-Max dan R25. Jika terjadi kebocoran maka mesin akan cepat panas karena liquid cooller sudah tidak berfungsi secara baik lagi. Bisa tejadi overheat.


2. Oli Rembes ke Kop Busi
Kedua oli rembes ke Kop Busi, ini terjadi karena lubang busi sudah mulai aus. Cara mengeceknya dengan melepas busi dari mesin. Jika kop busi banyak oli mesin maka motor akan sudah hidup.

3. Oli rembes ke ruang pembakaran
Yang ketiga cukup berbahaya jika oli mesin sudah rembes ke ruang pembakaran, karena bisa mengakibatkan mesin gancet karena sisa pembakaran oli menghasilkan kerak karbon dan lama kelamaan akan menumpuk dan membuat kinerja piston dan klep memburuk. Secara kasat mata memang tidak bisa dilihat, tapi bisa dirasakan. Coba di gas pol. Jika motor keluar asap hitam maka motor dipastikan poin ya sudah sampai di ruang pembakaran. Solusinya denga. Mengganti ring seher atau set head piston sekalian.

Efeknya apa aja sih jika oli rembes?

Efeknya berbeda beda pastinya tergantung lokasinya, tapi intinya jika oli rembes cepat2 di perbaiki. Berikut efek oli rembes secara umum.
1. Volume oli berkurang, pelumasan jadi tidak optimal dan kinerja mesin menurun.
2.  Motor terlihat kotor karena oli mesin yang bercampur debu yang menempel.
3. Untuk matic bisa terjadi slip jika kebocoran terjadi di ruang CVT.



Switch Netral FU
Tambahan buat motor satria yang bagian gear depan sering kotor coba cek switch netralnya karena bisa jadi switch netralnya pecah dan menyebabkan oli rembes dibagian tsb dan membuat gear depan selalu kotor.

Ok buat yang mau menambahkan silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar. Pengalaman anda sangat !membantu rider yang lain. Salam satu aspal.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter