-->

Bab Kampas Kopling. Merawat, Masalah dan Solusinya

Posting Komentar

DavysQRider#2 - Mengangkat masalah kopling tidak akan jauh2 dengan kampas kopling. Kenapa? Gini gan, komponen yang akan sering habis dari kopling ya kampas koplingnya, maka disarankan untuk mengecek kondisi kampas kopling saat service.

Rata2 pemakaian standar sih diantara 20.000 KM sampai 50.000 KM. Namun ada yang belum sampai 20.000 KM kampas sudah aus. Kalau telat agan2 ganti, kerusakan bisa mbrebet kemana2 loh.. Bisa2 rumah koplingnya ikut2an aus.

So.. Gimana cara kita tahu kalau kampas kopling sudah mulai aus? Okeh, setelah kami  mengambil beberapa kasus dan memilah serta merangkumnya buat agan2 biar enak diterima dan ditetapkan ke motor agan2, ( tepok jidat ). Ciri ciri kampas kopling sudah aus dan minta ganti baru sebagai berikut :

1. Terasa ada yang selip ketika lepas kopling.
2. Kondisi handle kopling semakin jauh, padahal tidak di stel renggang.
3. Saat oper gigi terasa keras.
4. Saat lepas kopling tarikan terasa berat, terutama naik gigi 2 atau 3.
5. Mungkin agan2 bisa menambahkan di kolom komentar. Hehe, buat survei temen2.

Bila kejadian2 tsb sudah mulai terasa, mending cepat2 ganti gan.!! Jangan sampai bener2 sudah ga bisa masukin gigi baru di ganti, haha. Bahaya banget apa lagi jika kejadiannya saat riding. Kan gak lucu.

Tips : perhatikan mekanik jika saat pasang kampas kopling si mekanik tidak melumasi kampasnya dengan oli terlebih dahulu. Standard pemasangan gitu gan.

Tips merawat : jangan terlalu sering menggantung kopling ( menekan setengah atau penuh dalam waktu yang lama ).

Semoga bermanfaat. Salam satu aspal.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter