-->

Jenis Macam Ban yang Digunakan di MotoGP

1 komentar

Davysqrider - Ban adalah faktor penting pada kendaraan darat. Macam ban secara umum kita ketahui adalah menurut medannya,.

  1. Ban dengan medan aspal
  2. Ban dengan medan tanah
  3. Ban dengan medan batu
Ban Michelin

Ternyata setiap medan juga memiliki variasi lagi menurut cuaca. Dan disini kami akan bahas hanya macam ban pada medan aspal khususnya dibalapan MotoGP. Ban pada kendaraan bermotor yang menggunakan jalan aspal adalah salah satu faktor penting pada saat melaju selain settings mesin dan pembalapnya.

Beberapa faktor pemilihan ban agar perfoma motor semakin mantap melaju

  1. Permintaan pembalap, karena hanya pembalap yang bisa merasakan enaknya pakai ban apa didasarkan pada saat sesi latihan.
  2. Prediksi cuaca yang akan terjadi pada saat race.

Ban pada MotoGP memiliki 2 pilihan

  1. Compound ban Soft, biasanya digunakan pada saat cuaca hujan atau jalan masih berair atau jalan masih dingin. Karena memiliki traksi yang lebih baik, tapi jika kondisi cuaca berubah atau suhu jalan atau ban mulai panas maka ban akan cepat habis, ini bisa mengakibatkan selip dan akhirnya terjadi slide
  2. Compound ban hard, biasanya digunakan pada saat cuaca panas. Karena ban akan bertahan sepanjang race dengan feel yang semakin besar traksinya jika semakin panas. Tetapi jika tiba tiba cuaca berubah hujan maka akan sangat berbahaya.

Traksi adalah kemampuan ban menempel pada aspal atau gaya gesek ban dengan aspal

Pada saat ini ban yang digunakan dalam balapan MotoGP menggunakan dua ban terkenal yaitu Bridgestone dan Michelin. Pernah terjadi dua ban tersebut memasok ban untuk MotoGP pada saat yang sama ( 2007 ). Rata rata pembalap menggunakan ban dari Bridgestone karena lebih unggul dibandingkan dengan ban dari Michelin.

Beberpa pembalap yg menggunakan ban Michelin pada saat itu

  1. Valentino Rossi
  2. Nicky Hayden 
  3. Dani Pedrosa
  4. Colin Edwards

Pada tahun 2009 terjadi pemasok tunggal ban MotoGP, yaitu ban dari Bridgestone. Dan pada tahun 2016 berganti menjadi Michelin yang menjadi pemasok tunggal ban untuk MotoGP.

Kenapa Ban pada MotoGP atau ban untuk balap itu botak dan halus tanpa rambut dan ulir ( kembang ban Klo bahasa kita )?

Berikut beberapa penjelasan kenapa ban balap itu botak

  1. Ban yang halus akan semakin mencengkram aspal lintasan
  2. Ban yang botak akan semakin setabil di tikungan karena beban motor semakin besar ditikungan.
  3. Ban botak atau tanpa alur membuat semakin banyak ban yang menempel pada aspal dan semakin setabil. Tidak mudah tergelincir
  4. Ban botak akan semakin mudah diperlambat saat direm dan tidak mudah selip.
Jangan samakan tekstur ban balap dengan ban harian. Karena ban balap itu sangat soft dibanding ban harian yang keras.

Sekian

Related Posts

1 komentar

Subscribe Our Newsletter