Davys Q Rider Blog. Jika agan pernah mengalaminya saat on the way pasti cara yang pertama dilakukan adalah dengan mengecek businya, tapi kadang nyala kadang tidak. Dan yang paling ampuh adalah dengan mendorong motor sampai ke bengkel terdekat.
Masalah motor mogok atau mati mendadak sebenarnya sama saja untuk jenis motor injeksi atau karburator. Saya sendiri pernah mengalami motor mati mendadak karena overheat mesin, mesin terlalu panas. Kesalahan yang saya alami karena tidak melakukan pemanasan dahulu, dan karena terburu buru, gas juga main tarik tarik aja, pas ditengah perjalanan tiba tiba motor mati, saya diamkan sekitar 5 menit dan alhamdulillah nyala kembali. ( satria fu 2010 )
By Erwin @Mio GT Modifikasi |
Nah kali ini saya akan bahas beberapa penyebab motor mati mendadak saat dibawa jalan. Baik motor injeksi maupun karburator.
Kebocoran Pada Kompresi
Ciri cirinya adalah motor tidak bisa dikick starter, penyebabnya bisa karena bahan bakar yang kotor, pembakaran yang menyisakan karbon yang lama lama mengendap dan membuat baret pada dinding piston. Cara mengatasinya lakukan pembersihan ruang bakar 5 tahun sekali atau jika asap putih mulai terlihat. Gunakan bahan bakar yang dianjurkan buku manual.
Klep bengkok
Jika klep in out bengkok maka motor tidak akan bisa jalan, karena kompresi hilang. Ciri ciri klep bengkok sama seperti hilang kompresi. Cara mengatasi klep bengkok dengan mengganti dengan yang baru.
Mesin kebanjiran
Ya banjir disini banjir bahan bakar, settingan yang tidak tepat mengakibatkan mesin kebanjiran bensin, karena banjir motor akan meledak ledak knalpotnya. Cara mengatasinya dengan mensetting keluaran bensin, cukup mudah bagi pengguna motor karburator hanya dengan memutar jarum di karburator. Beda halnya dengan motor injeksi yang harus disetting menggunakan alat khusus.
Overheat
Seperti yang saya alami diatas. Overheat bisa mengakibatkan motor mati, ini karena kondisi overheat maka dimensi mesin akan bertambah dan mengakibatkan kondisi mesin diluar standar. Cara mengatasinya dengan mendiamkan beberapa saat lalu diengkol kembali. Cara mencegah mesin agar tidak overheat dengan melakukan rutinitas mengengkol motor sebelum digunakan atau setelah semalaman didiamkan. Bisa jadi filter oli perlu diganti.
Injektor kotor
Jika injektor kotor maka sistem injek akan terganggu, apalagi sistem injeksi sangat detail dalam melakukan pengeluaran bahan bakar, kotor sedikit sangat berpengaruh.
Filter udara kotor
Jika filter udara kotor maka sirkulasi udara untuk pembakaran berkurang. Dan bila sampai mampet maka pembakaran tidak akan terjadi, karena sarat terjadinya pembakaran adalah adanya bahan bakar dan udara ( O2 ). Jika oksigen atau udara tidak tersuplai dengan baik maka motor akan mogok, ciri ciri awal filter kotor bisa jadi knalpot meledak ledak disebabkan bahan bakar tidak terbakar pada pembakaran sebelumnya, menumpuk dan akhirnya meledak dipembakaran selanjutnya.
Rantai keteng kurang pas
Fungsi rantai keteng adalah untuk buka tutup klep. Jika rantai keteng kurang pas maka buka tutup tidak presisi, lama lama menyebabkan motor mogok.
Kelistrikan mati
Semua motor injeksi sangat bertopang pada aki. Jika motor injeksi akinya mati maka mogoklah saat mau dibawa jalan. Ciri ciri aki akan mati biasanya tidak begitu nampak pada motor injeksi, tapi jika anda peka biasanya sen mulai lambat berkedip, klakson tidak lagi nyaring dll.
Busi
Koreknya pembakaran, pertama yang harus dicek jika motor mogok adalah busi. Jika busi masih menyala baru ke faktor yang lain. Cara mengecek busi cukup mudah, dengan melepas busi dari mesin lalu menempelkan kepala busi ke logam mesin, sambil diengkol jika keluar percikan api maka disimpulkan busi dalam kondisi bagus. Selanjutnya jika busi masih menyala maka lihat kepala busi. Kondisinya basah atau kering. Yang paling baik tidak basah tapi juga tidak terlalu kering.
Oli habis
Cukup extreme memang, tapi ini kenyataan. Motor injeksi yang sangat halus mesinnya biasanya jika oli sudah kotor pun masih terasa enak aja dibawa. Beda dengan motor karburator yang jika suara mesin sudah semakin kasar maka waktunya oli mesin harus diganti. Pernah teman saya mesinnya gancet gara gara kehabisan oli. Saran saya bagi pengguna injeksi mending lihat KM pemakaian, jangan mengandalkan suara mesin kasar dahulu. Karena rata rata motor injeksi ga terasa jika oli sudah kotor.
Bersambung...
Posting Komentar