-->

Awas!! Lubang Knalpot ini Tidak Boleh Ditutup. Ini Fungsi Lubang Kecil di Bawah Kenalpot Motor.

Posting Komentar
Jika memiliki motor sport hanya untuk menarik hati seorang wanita pasti akan jadi seperti saudara Us. Bermula dari pertanyaannya diforum ,"om tolong jawab jangan dikacangin,, kenalpot saya bolong gini kenapa?" sampai menyalahkan bahan bakar. "Apa mungkin karena keseringan pake pertamax? Tolong sarannya om." Yang membuat forum tersenyum simpul dan ada pula yang kasihan.

Anda bingung? Kami pun bingung dengan pertanyaan saudara Us ini. Sebagian forum yang lain malah ngacangin seperti Agoes Fergie mengacangin ,"Emang bener kali ya.?? Kata orang orang yang punya motor satria rata rata ABG, yang taunya cuman boncengin cewek pake satria aja. Dan gak tau/gak paham motor. Apa emang belum siap aja punya motor." Malah ada yang lebih lucu lagi ngacanginnya. Eko Widianto ,"wah lama lama pakek pertamax knalpot bisa pecah dong ngerii." Namanya juga diskusi, kalau terlalu serius nanti bisa stress ya kan.
Dari beberapa masukan kita bisa ambil kesimpulan, mungkin bukan kesimpulan tapi memang ini ada alasannya knalpot terdapat lubang di bagian tersebut. Mungkin bagi yang belum tau pasti akan menutup dengan tambalan panci atau malahan dilas. Seperti saran Bima Ardianto untuk pakai tambal panci untuk menutup lubang kenalpot. Kita bisa memaklumi dan mengerti perasaan mereka.

Fungsi lubang knalpot tersebut sebenarnya dibuat supaya air hujan atau air dari mencuci motor yang masuk knalpot bisa keluar lagi lewat lubang tersebut. Jika lubang knalpot ditutup maka air tidak bisa keluar dan bisa menyebabkan motor susah dinyalakan saat mau dihidupkan. Kejadian ini pernah dialami teman kita Rhojack Tr Soliat yang menutup lubang tersebut dengan tambal panci. Setiap dinyalakan keluar asap putih dari knalpotnya, karena tidak paham akan motor maka dikira yang bermasalah ada di mesinnya, tapi setelah dicopot itu tambal pancinya yang menutup knalpot maka penyakit asap putihnya pun ikut hilang. Ini bisa terjadi karena air yang mengendap di knalpot ikut memuai bersama udara hasil pembakaran dan menghasilkan asap putih.

Jadi teman teman di forum menyarankan untuk jangan menutup lubang knalpot dengan alasan apapun. Ini bawaan pabrik dan rata rata semua motor pasti punya lubang kecil dibawah knalpot. Semoga ilmu kita bertambah dan jika ada masukan lain silahkan tinggalkan dikolom komentar. Malu bertanya sesat dijalan.



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter