-->

Cara Merawat Knalpot dari Karat Agar Tetap Mengkilap

Posting Komentar
Untuk para pecinta motor sehari hari pasti disibukkan dengan merawat motor.  Tidak jarang pacar pun dinomer duakan. Karena memang jika sudah dikategorikan hobby pasti apapun dan dihari libur pun pasti bisa seharian berkutik sama motor. Entah membetulkan ini, membersihkan itu, pasang ini, ngecat itu dll. Dengan mencoba coba menerapkan tutorial dari situs situs di internet atau hasil diskusi dalam sebuah group komunitas.

Berikut ini kami rangkumkan diskusi tentang cara merawat pipa kenalpot supaya terhindar dari karat dan terlihat mengkilap. Biar weekend besok bisa dicoba coba dirumah atau bisa dijadikan list job berikutnya.
Pipa kenalpot bawaan pabrikan memang terkenal cepat mengerak tebal dan berwarna kuning. Berbeda dengan pipa knalpot racing yang biasanya berbahan staenles steel atau memang hasil crom. Maka dari itu banyak teman teman yang mengajukan pertanyaan tentang cara menghilangkan dan atau mencegah karat pipa knalpot.

"Pake apa dan gimana caranya ngilangin karat supaya knalpot tetap mengkilap?" tanya Anthony Jenifer mengawali diskusi. Dalam diskusi kali ini banyak yang menyarankan dan menjawab karat pipa kenalpot dapat dihilangkan dan dicegah munculnya pakai oli ( oli bekas ). Seperti pernyataan dari saudara Hafizh Refresh ,"Oli itu biar ga karatan dan lapuk . Kalau autosol mengkilapkan dan menghilangkan warna kuning." Dengan tenang saudara Hafizh kembali menerangkan lebih detil cara pengaplikasiannya,"Ambil autosol, lalu oleskan autosol ke leher knalpot kecuali las cacingnya , kalau bisa las cacingnya ditutup dahulu pake lakban atau yang lainnya. Trus setelah dioleskan biarkan sekitar 5 menit biar hasilnya bagus baru digosok dengan kertas koran sampai mengkilap."

Jika teman teman masih belum percaya, mari kita lihat pernyataan saudara Irvan Noegroho ,"ane juga pernah nyoba pake oli bekas dan hasilnya bagus tuh..gak kuning lagi warna slincernya." Dan kami mencoba ikut menambahkan diskusi kali ini, sebelum diolesi oli ada baiknya pipa kenalpot dibersihkan dahulu dari debu dan tanah, terutama dibagian dekat baut mesin yang paling sering mengerak. 

Oleskan oli bekas saat motor dalam keadaan dingin supaya bisa terserap 
sempurna kedalam bahan pipa dan hasilnya akan lebih baik. Untuk autosol bisa diterapkan du silincernya, karena rata rata silincer sudah berbahan staenless stell. Selamat mencoba dan silahkan tinggalkan picture dan pernyataan yang mungkin bisa membantu rider lain dalam memecahkan masalah ini bersama. Seperti mengganti autosol dengan aftur ( bahan bakar peasawat ). Salam satu aspal..
Dari SSFL FILES
Knalpot berkarat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter