-->

Faktor Utama Knalpot Meledak pada MIO dan Susah Dideteksi

Posting Komentar

Salam DavysQRaider,
Kali ini team dari DavysQRider mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan teman kita di forum FP Honda Tiger. Agan ini meminta postingan yang mengulas tentang faktor dan cara mengatasinya untuk ledakan di motor mio. Sebenarnya dasarnya sama pada setiap motor. Hanya keakutannya pada salah satu factor adalah hal dari segi kekurangannya.

Yang pasti setiap motor pasti sistemnya sama, hanya struktur komponen yang digunakn berbeda beda.Ini yang menjadi ciri khas motor dengan penyakitnya masing2.

Mio, yah motor matik yang bias dibilang keluaran pertama dari Yamaha setelah nouvonya yang kurang menggedor konsumen Indonesia. Sip, meurut Bang Ha ( mekanik langganan ane ), “ Faktor2nya sih sama setiap motor untuk ledakan yang terjadi di knalpot sampeyan”

1. Biasanya chocke sering lupa dikembalikan, karena digunakan sesekali saja. Akibatnya suplai BBM berlebih untuk proses kompresi. Dan knalpot pun meldak ledak.
2. Busi, biasanya busi sudah tidak bekerja dengan baik ( masa pakai sudah lewat ) atau kotoran karbon yang menutupi bagian kepala busi yang mengakibatkan busi menghasilkan api kecil. BBM tidak terbakar habis semua ( tidak sempurna ). Akibatnya terjadi ledakan karena hal tersebut.
3. Filter, Untuk hal ini filter sebagai pemasok udara bersih harus selalu menyuplai dengan komposisi yang pas. Filter yang kotor dapat mengurangi pasokan O2 ke ruangkompresi, pembakaran pun tidak sempurna, knalpot pun meledak.
4. Knalpot, Yah fungsi knalpot sesungguhnya adalah peredam suara proses kompresi. Jikalau tidak ada knalpot bagaimana suara di jalanan, pastinya akan sangat bisisng. Yah suara lefakan terjadi karena knalpot agan pasti ada yang bocor.
5. Spesial mio adalah karburator, walau agan2 sering service tu karbu dan dllu dibersihin jika gati oli tidak menjamin ledakan akan hilang 100%, ini biasanya dikarenakan proses pembersihan karbu menggunakan Bensin. Dan komponen yang terdapat pada karburator mio adalah karet, karet in berfungsi sebagai pegas untuk menyedot dan menyemburkan bensin ke ruang kompresi, pembersihan dengan bensin akan membuat karet tambah kaku ( daya elastisnya berubah ). Dan ktika dipaki pertama emang bagus, karena settingan karbu saat karet kondisi kaku ( basah karena bensin ). Setelah beberapa hari karet akan kering dan daya elastisnya berubah, settingan akan berubah, komposisi bensin berubah, terjadilah kompresi tidak sempurna, knalpot pun meledak.

YA itu menurut mekanik serabutan ( segala motor dia bisa oprek )  Bang Ha.
Semoga agan kita puas dengan postingan ane kali ini. Semoga membantu. Ingat setiap motor memiliki penyakit khas masing2 dan keunggulan masing2.

Kosaskata hari ini :
Busi
Chocke
Karburator
Karburator

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter