-->

Proses awal sampai akhir permasalahan listrik rumah drop atau tidak menyala tanpa testpen dan voltmeter

Posting Komentar
Selamat bereksperimen.

Hari ini saya sendiri mengalami listrik drop atau tegangan dibawah 220 volt. Saya mencoba berbagi pengalaman dengan agan agan yang sedang mencari artikel mengenai listrik PLN yang drop. Ciri ciri listrik PLN drop di tempat saya meliputi lampu lampu dengan watt besar tidak mau menyala. Hanya sebagian yang menyala, itupun lampu watt kecil dan sudah LED. Saat mencharger hp hanya bergerar dan arus tidak masuk. Alat listrik besar tidak menyala. 

Proses pertama yang saya cek adalah sekring dalam, lihat kabel sekring masih ok. Tetapi saya tetap ganti dengan yang baru. Namun di proses ini listrik PLN masih drop.

Proses kedua saya coba cek ground. Saya siram dengan seember air, pokoknya sampai basah tanahnya. Ini info dari para orang tua, dari pemikiran saya sih ngga akan berpengaruh, namun tetep saya kerjakan, kalau tidak kan ga enak sama orang tuanya.

Proses ketiga saya cut aliran listrik PLN ke rangkaian rumah, jadi saya cek langsung di positif dan netral langsung ke stopkontak. Hasilnya masih sama, saya cek dengan cara mencharger hp masih cuma getar doang.

Nah klo salah satu proses diatas berhasil tinggal mengganti dibagian yang sudah tidak layak pakai.

Kalau sampai proses tersebut masih drop berarti kabel besar yang bermasalah. Untuk menyelesaikannya saya panggil petugas PLN.

Berikut cara mudah melakukan pengaduan permasalahan kelistrikan PLN melalui hp. Karena jaman semakin canggih, dan PLN pun melakukan permudahan pelayanan mengikuti perkembangan jaman maka saya coba cek di playstore. Dan ternyata ada aplikasi PLN mobile. Disitu sudah lengkap tersedia dari mulai simulasi pemasangan baru, penambahan daya, pengaduan masalah sampai proses pembayaran Listrik pasca bayar dan prabayar.

Kalau agan sudah download tinggal masukan nomer hp atau email untuk membuat akun. Didalam akun akan diminta memasukan ID meter atau Nometer yang akan anda laporkan masalahnya. Masuk ke profil dan ID meter, lalu ke tab pengaduan. Jabarkan masalahnya, dalam hitungan menit anda akan ditelfon petugas PLN dan jika sedang tidak mengerjakan masalah lain maka akan langsung OTW.

Setelah sampai petugas akan mengecek meteran listrik. Cek voltase tiap titik. Sampai ke tiang listrik. Dalam kasus saya terjadi masalah di sambungan kabel yang sudah menjamur. Jadi sambungan di benarkan sesuai standar penyambungan. 

Setelah dinyalakan kembali hasilnya ok, voltase menunjukan angka 211 Volt.

Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Berikut aplikasi PLN mobile yang bisa anda download di hp android anda.



Sinergi layanan PLN kepada pelanggan melalui aplikasi berbasis mobile

Hai Electrizen!

Beli token listrik, bayar tagihan, melakukan pengaduan, mengajukan pasang baru dan tambah daya dengan mudah melalui PLN Mobile! PLN Mobile merupakan aplikasi terlengkap untuk semua hal kelistrikan di Indonesia.

Hal-hal yang bisa dilakukan di PLN Mobile:
1. Pembayaran listrik yang mudah dari Aplikasi
Agar semakin mudah dalam membeli token maupun membayar tagihan, PLN Mobile menyediakan fitur pembayaran langsung menggunakan Virtual Account bank, dompet digital maupun layanan kartu kredit. Selain itu, PLN Mobile menyediakan token – token eksklusif yang lebih murah.
2. Pelaporan Catat Meter Mandiri (SwaCAM)
PLN Mobile menyediakan fitur catat meter sendiri shingga mempermudah perhitungan tagihan Anda. Tidak perlu lagi berinteraksi dan menunggu petugas!
3. Pengaduan
PLN Mobile menyediakan fitur pengaduan yang dilengkapi fitur Auto Dispatch, sehingga mempermudah penerusan dan monitor laporan langsung ke petugas teknis terdekat yang tersedia (berlaku di beberapa lokasi). Selain itu,  aplikasi ini dapat memberikan notifikasi terkait kejadian padam di sekitar lokasi maupun rumah Anda, termasuk ketika listrik sudah kembali menyala.
4. Pengajuan layanan listrik (pasang baru dan tambah daya)
Listrik sering putus karena kurang daya dan membutuhkan pasang baru di rumah atau kantor? Ajukan langsung ubah daya dan pasang baru dengan lebih mudah dan hanya dalam genggaman.
5. ICONNET dan fitur lainnya
Sebagai aplikasi kelistrikan terlengkap di Indonesia, PLN Mobile juga menyediakan fitur – fitur lainnya seperti pemasangan internet (ICONNET), perbaikan listrik (ListrikQu), dan SPKLU (Charge.In)

Dengan beragam fitur yang dihadirkan, tunggu apa lagi? Ayo download PLN Mobile!

Helpdesk : pln123@pln.co.id
Contact center: (kode area) 123

Published by :
PT PLN (Persero) Pusat









Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter