-->

Mengapa celah katup harus distel

Posting Komentar
DAVYSQRIDER - Fungsi celah katup supaya katup-katup dapat menutup dengan sempurna pada semua keadaan temperatur.

Mengapa-sih celah katup harus distel? Saat mesin hidup komponen mekanisme katup yang jumlahnya banyak bergerak bergesekan dan mendapat gaya ke berbagai arah serta beban panas, maka semakin lama komponen semakin aus. Karena keausan tersebut tidak merata, celah katup perlu distel, kurang lebih setiap 20.000 km.


  • Celah yang terlalu besar
    Celah Katup - Terlalu Besar
    Akibatnya :

    - Penggerak katup berisik ( ada suara pukulan-pukulan ),
    - Bagian penggerak katup bisa patah ( pukulan dan kejutan ).

  • Celah yang terlalu kecil
    Celah Katup - Terlalu Kecil
    Akibatnya :

    - Waktu pembukaan katup lebih lama dari waktu semestinya,
    - Gerak gunting lebih lama akan membuat kerugian gas baru besar. Akibatnya : putaran idle kurang stabil ( motor bergetar )

  • Tidak ada celah katup
    Celah Katup - Tidak Ada
    Akibatnya :

    - Katup tidak menutup dengan sempurna,
    - Kerugian gas baru,
    - Pembakaran dapat merambat ke karburator

Oleh karena itu, penyetelan katup harus sesuai celah katup yang akan anda gunakan dan pastikan sesuai standar mobil tersebut.

Kesalahan dalam penyetelan katup dapat mengakibatkan performa mesin berkurang, dan bisa membuat bahan bakar menjadi boros.
Afif
I'm a Beginner Blogger!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter