Mengapa-sih celah katup harus distel? Saat mesin hidup komponen mekanisme katup yang jumlahnya banyak bergerak bergesekan dan mendapat gaya ke berbagai arah serta beban panas, maka semakin lama komponen semakin aus. Karena keausan tersebut tidak merata, celah katup perlu distel, kurang lebih setiap 20.000 km.
- Celah yang terlalu besar
Celah Katup - Terlalu Besar
- Penggerak katup berisik ( ada suara pukulan-pukulan ),
- Bagian penggerak katup bisa patah ( pukulan dan kejutan ).
- Celah yang terlalu kecil
Celah Katup - Terlalu Kecil
- Waktu pembukaan katup lebih lama dari waktu semestinya,
- Gerak gunting lebih lama akan membuat kerugian gas baru besar. Akibatnya : putaran idle kurang stabil ( motor bergetar )
- Tidak ada celah katup
Celah Katup - Tidak Ada
- Katup tidak menutup dengan sempurna,
- Kerugian gas baru,
- Pembakaran dapat merambat ke karburator
Oleh karena itu, penyetelan katup harus sesuai celah katup yang akan anda gunakan dan pastikan sesuai standar mobil tersebut.
Kesalahan dalam penyetelan katup dapat mengakibatkan performa mesin berkurang, dan bisa membuat bahan bakar menjadi boros.
Posting Komentar