-->

Diskusi Masalah Lampu Depan dan atau Belakang yang Sering Mati

Posting Komentar



Dibilang penting memang penting ini lampu, bukan fungsi utamanya sebagai penerang di malam hari tapi juga sebagai penerang disaat razia. Hehe. Oke kali ini kami mencoba mengangkat masalah lampu depan atau belakang yang sering mati atau putus yang sangat penting ini. Karena lampu depan atau belakang yang mati tidak selamanya karena putus, tapi ada banyak hal yang dapat mempengaruhi hal tersebut.

Bagi agan yang sedang mengalaminya Agan jangan langsung pergi bawa motornya ke bengkel hanya karena lampu depan putus, karena cara memperbaikinya cukup mudah. Karena alat dan bahannya hanya obeng dan kunci pas. Kecuali agan orang yang sibuk bisa langsung on the way ke beres.

Sebelum ke proses perbaikan alangkah indahnya jika kita tau masalah atau faktor yang dapat mempengaruhi lampu depan atau belakang mati.
1. Lampunya putus, ini berpengaruh langsung karena jika filamen putus maka perubahan energi listrik ke cahaya tidak ada aplikatornya. Ini kita bisa cek fisik lampu dengan bertelanjang mata ( visual ).

2. Dudukan lampu lumer atau berkorosi, ini yang jarang diketahui agan kerena hanya fokus terhadap faktor umum lampu motor mati karena lampu dan kabel hang bermasalah. Alat cek visual. >>klik disini untuk melihat gambar fitting lumer<<

3. Kabel putus atau gosong. Alat cek multitester. Jika tidak punya abaikan. Kita bisa asumsikan kabel tidak putus atau gosong dengan menyalakan lampu sen atau yang lain.

4. Kiprok. Jika motor agan belum full DC maka kiprok bisa jadi sumber penyakit jika lampu motor agan sering putus. Ingat sering putus. Maka cepat" lah ganti kiprok agan. Ini terjadi karena tegangan yang dikeluarkan kiprok rusak tidak akan setabil, hal ini yang membuat tegangan naik turun dan mengakibagkan lampu cepat mati atau rusak.

Baca juga :
Ciri ciri kiprok rusak
Apa itu kelistrikan halfwave dan fullwave
Diskusi pasang lampu HID

5. Beda spek lampu ini juga berpengaruh terhadap matinya lampu agan. Spek lampu yang terlalu kecil watt nya akan cepat mati namun nyalanya memang memuaskan karena lebih terang. Nah sebaliknya jika spek lampu lebih tinggi maka nyala lampu akan lebih redup tapi umur juga makin redup.

6. Yang terakhir adalah saklar. Ini bisa terjadi karena saklar mulai aus atau ada benda asing yang mengotori saklar. Seperti tetangga yang sklar motor jadi tempat sarang semut. Wkwk.

Jadi silahkan agan cek dulu motor agan sebelum dibawa kebahlinya. Semoga membantu.

>>gb. lampu<<
 


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter