-->

Cara Mencegah Reflektor Motor Menjadi Gosong Lumer Karena Lampu

Posting Komentar

Reflektor agan meleleh dan gosong karena lampu full menyala siang dan malam. Apalagi motor sekarang yang sudah disetting agar lampu kota atau lampu senja tetap menyala siang dan malam tanpa diberi saklar on off berpengaruh besar terhadap melelehnya reflektor.

spoiler

Kejadian ini juga dialami oleh saya sendiri, padahal sebelumnya sudah pernah meleleh dan sekarang sudah mulai terlihat sedikit gosong area diatas lampu senja. Memang rata rata kejadian meleleh terletak di atas lampu senja. Ini karena lampu senja yang selalu menyala karena tidak ada saklar dan juga peraturan yang mengharuskan menyalakan lampu di siang hari. Agar hal ini tidak terjadi akhirnya ane selipin kertas antara lampu dan dudukan lampu. Jadi lampu senja ane mati total. Hanya harus ingat jika jalan luar kota harus menyalakan lampu dekat agar tidak kena tilang.

Berikut beberapa penyebab reflektor lumer atau gosong.
1. Pemakaian bohlam yang diluar standar. Banyak para rider yang mengganti daya lebih tinggi agar nyala lebih terang. Tapi efeknya lampu akan lebih panas dan lumernya reflektor akan lebih cepat. spoiler

2. Kaca lampu depan tertutup jaket atau jas hujan. Ini hal yang harus dirubah, karena ini merupakan kebiasaan jika menaruh jas hujan pasti diatas lampu depan. Ini akan mempengaruhi lumernya reflektor karena hawa panas tertahan penutup. spoiler  

3. Memanaskan mesin terlalu lama. Jika lampu motor agan tidak memiliki saklar bisa saja ini termasuk faktor yang kuat menjadi penyebab masalah ini. Karena motor yang dipanaskan akan menghasilkan listrik yang statis maksimal.

Jadi apakah agan mengalami hal2 diatas. Jika iya dan punya solusinya bisa di share dengan agan biker lain. Semoga ilmu kita bermanfaat. Indahnya berbagi. Salam DQR.  

Credit to
Aripistop
Hondacengkareng  


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter