-->

Solusi Masalah Mesin Motor yang Tiba Tiba Hilang Kompresi

17 komentar


Selamat beraktifitas, selamat berkarya serta selamat membaca. Pada kesempatan kali ini kami coba mengangkat permasalahan yang sering dialami para pengguna motor, tetapi motor dengan sistem kopling khususnya yang paling sering mengalami masalah ini.

Masalah hilang kompresi kita bahas karena kejadian ini secara kebetulan juga pernah dialami sendiri oleh salah satu teman diskusi kita di DavysQRider. "Motor ane ngelos saat di kick starter saat mau dipanasin. Akhirnya ane pake cara lama dengan mendorong motor lalu masukin gigi satu dan alhasil motor mau hidup." Kata teman kita M. Bilal J. R. mencoba menerangkan kejadian yang dia alami.

Mio hilang kompresi
Memang kejadian los kompresi atau kehilangan kompresi bisa terjadi kapan saja. Saat motor dalam keadaan berjalan atau saat akan dipanaskan pun bisa terjadi. Ini disebabkan karena kerak karbon sisa pembakaran yang mengganjal di bagian valve.

 Jika valve tidak tertutup sempurna maka akan terjadi kebocoran kompresi. Ini yang disebut dengan los kompresi atau kehilangan kompresi. Ciri cirinya motor tidak bisa di kick starter atau ngelos kaya dikopling. Bagi yang tidak tahu pasti dikira kampas koplingnya yang sudah hampir habis atau aus atau minta diganti. Dan buru buru ke Beres buat ganti kampas. Padahal kampas masih OK, tapi namanya bengkel ya mengikuti apa mau pelanggan.

Ini murni los kompresi atau kehilangan kompresi. Cara mengatasinya cukup mudah seperti yang disarankan saudara admin di fans page satria modifikasi. Hanya dengan 3 sendok makan oli baru yang dimasukan ke dalam ruang bakar lewat lubang busi bisa menghilangkan penyakit los kompresi. Menurut dia oli akan membuat kerak di bagian ruang bakar akan larut dan pudar saat dinyalakan. Tapi cara ini akan mengakibatkan kenalpot mengeluarkan asap dikarenakan oli tadi terbakar. Jadi jangan kaget kata admin satria modifikasi.

Lakukan pemanasan hingga oli tadi terbakar semua atau asap sudah hilang.
Demikian cara singkat menghilangkan penyakit los kompresi atau hilang kompresi sepeda motor. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba. DavysQRider hanya menyarankan bukan menganjurkan. Salam satu aspal.

Related Posts

17 komentar

Unknown mengatakan…
bagai mana cara mengatasi satria fu, hilang kompresi setelah bongkar mesin?
DavysQRider#2 mengatakan…
Hilang kompresi bisa terjadi karena banyak hal. Jika agan baru hilang kompresi setelah bongkar mesin ini bisa diakibatkan ada kebocoran di packing. Coba agan pakai packing yang baru. Trims.
Unknown mengatakan…
Motor moio gt bensin ter campur air
Tp udah saya bersih kan
Kok masih ya kalo di gas tak lama mati gimna cara nya gan
DavysQRider#2 mengatakan…
Kuras tanki setelah itu kasih bbm baru. Setelah itu kick starter trus tanpa on kontak. Sekitar 5menit silahkan on kontak dan biarkan sampai 10 menitan.
Anonim mengatakan…
jack

hanya test coment
abaikan
Anonim mengatakan…
tes
Anonim mengatakan…
satria fu saya pagi nya idup sorenya mati, kirain karna keujanan biasanya jdi susah idup, tapi bukan karna ke ujanan,, soalnya kompresinya kecil.. tapi sblumnya juga kompresinya kecil sih tapi masi bsa idup, gmna bang ? kalo di coba masukin oli ke lubang busi masi ga nyala gmna bang ?
Anonim mengatakan…
mohon di bantu bang soalnya mtor nya masi blom nyala
davysqrider mengatakan…
maaf baru balas
Jika pangdam kecil tadinya bisa nyala mungkin karena api busi besar. jangan masukan oli ke lubang busi, ini akan menambahin masalah karena api busi akan susah menyala

Coba anda tes busi masih mengeluarkan api atau tidak, dengan mengengkol kick starter dan menempelkan kepala busi pada blok mesin.

Jika tidak ada api coba pakai busi temen dulu.
Jika busi teman gak nyala coba lihat cangklong busiya. Dulu ane pernah alamin cangklong busi rusak dan minta ganti. Alhamdulillah nyala..
Anonim mengatakan…
tdinya mtornya udah di bawa ke bengkel kata tmen saya udah di coba ganti busi service tapi tetep ga nyala bang,bengkel juga kaga bisa bnerin tuh aneh bengkel abal2.. trus gmna ya bang ?
Anonim mengatakan…
pengapian bagus bang, gada masalah, tapi itu dia kompresi pas di kick starter kecil banget...
Unknown mengatakan…
satria fu saya pagi nya idup sorenya mati, kirain karna keujanan biasanya jdi susah idup, tapi bukan karna ke ujanan,, soalnya kompresinya kecil.. tapi sblumnya juga kompresinya kecil sih tapi masi bsa idup, gmna bang solusi nya ?
davys q rider mengatakan…
Kompresi atau langsam yang kecil? Jika langsamnya kecil bisa di stel langsam di bagian karbunya. Jika hanya tidak bisa mengangkat coba cek filter udara, bisa saja saringannya sudah tidak bagus. Jadi tidak ada pasokan udara yang masuk.
Unknown mengatakan…
Bang saya mau tanya juga, barusan tadi sore honda verza injeksi saya los kompresi singkat cerita saya minta tolong mekanik honda yg sdang lewat dia pakai cara seperti postingan abang dan mmemang benar ngeluarin asap putih. Saya tanya lebih jauh lagi ke mekaniknya katanya mungkin ada masalah di piston dan seher.. jadi saya harus ngapain ya bang supaya kejadian los kompresi itu tdk terjadi lagi, saya jg khawator ada kerusakan yg fatal pada motor saya.. mohon infonya bang thnks
davys q rider mengatakan…
Kejadian masih normal, perawatan agar tidak terjadi los lagi bisa agan panasin motor dan bisa di geber sampai rpm tinggi.

Saran saya agar ruang pembakaran tetap sehat biasakan tiap gigi lebih dari 2 usahakan rpm motor levih dari 5000 rpm.
Atau pakai bahan bakar pertamax, atau sekali kali minum shell.
Unknown mengatakan…
kalau motornya selain shell juga dikasih minum cairan macam nano energizer gimana bang? terus apa bedanya shell sama nano energizer ? thnks
DQR CHANNEL mengatakan…
Lihat post baru mengenai perbedaan nano energizer
Subscribe Our Newsletter