Selamat beraktifitas, selamat berkarya serta selamat membaca. Pada kesempatan kali ini kami coba mengangkat permasalahan yang sering dialami para pengguna motor, tetapi motor dengan sistem kopling khususnya yang paling sering mengalami masalah ini.
Masalah hilang kompresi kita bahas karena kejadian ini secara kebetulan juga pernah dialami sendiri oleh salah satu teman diskusi kita di DavysQRider. "Motor ane ngelos saat di kick starter saat mau dipanasin. Akhirnya ane pake cara lama dengan mendorong motor lalu masukin gigi satu dan alhasil motor mau hidup." Kata teman kita M. Bilal J. R. mencoba menerangkan kejadian yang dia alami.
Mio hilang kompresi |
Memang kejadian los kompresi atau kehilangan kompresi bisa terjadi kapan saja. Saat motor dalam keadaan berjalan atau saat akan dipanaskan pun bisa terjadi. Ini disebabkan karena kerak karbon sisa pembakaran yang mengganjal di bagian valve.
Jika valve tidak tertutup sempurna maka akan terjadi kebocoran kompresi. Ini yang disebut dengan los kompresi atau kehilangan kompresi. Ciri cirinya motor tidak bisa di kick starter atau ngelos kaya dikopling. Bagi yang tidak tahu pasti dikira kampas koplingnya yang sudah hampir habis atau aus atau minta diganti. Dan buru buru ke Beres buat ganti kampas. Padahal kampas masih OK, tapi namanya bengkel ya mengikuti apa mau pelanggan.
Jika valve tidak tertutup sempurna maka akan terjadi kebocoran kompresi. Ini yang disebut dengan los kompresi atau kehilangan kompresi. Ciri cirinya motor tidak bisa di kick starter atau ngelos kaya dikopling. Bagi yang tidak tahu pasti dikira kampas koplingnya yang sudah hampir habis atau aus atau minta diganti. Dan buru buru ke Beres buat ganti kampas. Padahal kampas masih OK, tapi namanya bengkel ya mengikuti apa mau pelanggan.
Ini murni los kompresi atau kehilangan kompresi. Cara mengatasinya cukup mudah seperti yang disarankan saudara admin di fans page satria modifikasi. Hanya dengan 3 sendok makan oli baru yang dimasukan ke dalam ruang bakar lewat lubang busi bisa menghilangkan penyakit los kompresi. Menurut dia oli akan membuat kerak di bagian ruang bakar akan larut dan pudar saat dinyalakan. Tapi cara ini akan mengakibatkan kenalpot mengeluarkan asap dikarenakan oli tadi terbakar. Jadi jangan kaget kata admin satria modifikasi.
Lakukan pemanasan hingga oli tadi terbakar semua atau asap sudah hilang.
Lakukan pemanasan hingga oli tadi terbakar semua atau asap sudah hilang.
Demikian cara singkat menghilangkan penyakit los kompresi atau hilang kompresi sepeda motor. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba. DavysQRider hanya menyarankan bukan menganjurkan. Salam satu aspal.
Recent post :
Kelistrikan Motor Mati Semua, Coba Check Bagian Ini!!
Awas!! Ini Penyebab Rantai Keteng Cepat Kendor Atau Rusak.
Cara Mudah Membedakan Pengapian Sepeda Motor AC Atau DC? ( Diskusi )
Diskusi Pasang Lampu LED, Full Wave atau Full Accu?
Pasang Kipas Oil Cooler Satria FU (testimoni)
Pemecahan Masalah Penyakit Mio GT yang Suka Mati Mendadak (Diskusi)
Membuat Monoshock Honda Verza R
Total Service Rantai Keteng di Bengkel Resmi
Diskusi dan Saran Oli Mesin yang Commander Untuk Si Satria FU
Efek Knalpot Racing Untuk Motor 2 tak dan 4 tak. Harus tau !!
Kelistrikan Motor Mati Semua, Coba Check Bagian Ini!!
Awas!! Ini Penyebab Rantai Keteng Cepat Kendor Atau Rusak.
Cara Mudah Membedakan Pengapian Sepeda Motor AC Atau DC? ( Diskusi )
Diskusi Pasang Lampu LED, Full Wave atau Full Accu?
Pasang Kipas Oil Cooler Satria FU (testimoni)
Pemecahan Masalah Penyakit Mio GT yang Suka Mati Mendadak (Diskusi)
Membuat Monoshock Honda Verza R
Total Service Rantai Keteng di Bengkel Resmi
Diskusi dan Saran Oli Mesin yang Commander Untuk Si Satria FU
Efek Knalpot Racing Untuk Motor 2 tak dan 4 tak. Harus tau !!
17 komentar
Tp udah saya bersih kan
Kok masih ya kalo di gas tak lama mati gimna cara nya gan
hanya test coment
abaikan
Jika pangdam kecil tadinya bisa nyala mungkin karena api busi besar. jangan masukan oli ke lubang busi, ini akan menambahin masalah karena api busi akan susah menyala
Coba anda tes busi masih mengeluarkan api atau tidak, dengan mengengkol kick starter dan menempelkan kepala busi pada blok mesin.
Jika tidak ada api coba pakai busi temen dulu.
Jika busi teman gak nyala coba lihat cangklong busiya. Dulu ane pernah alamin cangklong busi rusak dan minta ganti. Alhamdulillah nyala..
Saran saya agar ruang pembakaran tetap sehat biasakan tiap gigi lebih dari 2 usahakan rpm motor levih dari 5000 rpm.
Atau pakai bahan bakar pertamax, atau sekali kali minum shell.