-->

Jangan Asal Copot Tensioner Motor

4 komentar
Gara gara iseng jadi pusing tujuh keliling. Cuma bongkar pasang jadi harus bongkar semua. Ini cerita yang dialami teman kita ketika iseng copot tensioner karena rantai keteng atau rantai timmingnya bunyi.




Dia iseng menerapkan tutorial dari sebuah artikel hasil searching google. Karena dikira mudah dan cukup ampuh mengatasi bunyi rantai keteng yang begitu berisik, maka dengan nada iseng akhirnya tensionernya dibuka. "Mas boss tadi ane iseng cek tensioner, pas gue pasang lagi, motor gak hidup... " tanya Agung Sulistyo di sebuah group motor.


Banyak yang ngasih solusi dari yang ringan sampai ke beres. Ini alasan terbaik yang coba kami rangkum untuk teman teman rider kenapa mesin tidak mau hidup setelah tensioner iseng di bongkar pasang.

Pertama rantai keteng tidak pas dengan gearnya. Bisa terjadi karena buka tutup camsaft tidak akan tepat ( timmingnya geser ). Walaupun bisa menyala tapi jika saat diterik gas biasanya ngempos. Dan akan lebih terasa jika dibawa dijalan menanjak.

Kedua saat pemasangan tensioner, posisi rantai geser. Bisanya karena saat pembongkaran sering di standar dua, jadi ketika roda belakang tidak sengaja terputar maka posisi TOP in rantai keteng pun ikut geser tanpa adanya tensioner yang menyetabilkan tegangan rantai keteng. Disarankan distandar satu saat mau copot, tapi lebih baik copot di beres saja.




Ketiga jangan asal setel dari luar itu tensioner tanpa lihat ketegangan rantai dan posisi top in. Bisa bisa lidah tensioner bisa patah.
Jadi, lebih baik jika rantai sudah bunyi, bawa saja ke beres. Solusi terbaik buat kesehatan motor teman teman.
Lihat sumber artikel di SSFL


Related Posts

4 komentar

Unknown mengatakan…
pak bos.. gw iseng2 jga nih td sore...
gw buka.. tensio ny.. gw pasng lg, keadaan tensioner panjang(tetap) saya pasang. lalu saya coba stater satria gk bisa.. indikator nyala - lampu depan di hidupkan seperti kurang arus, lalu kick stater keras, klw di lanjutkan bisa jeblog (Gear error) donk...

satria fu gw 2014 akhir dngan arus DC di modif sedikit msaih standart
agan bleh kunjungin FB aj biar gampang buat info ny
LINK FB
https://www.facebook.com/sandy.nfs

DavysQRider mengatakan…
Jangan copot tensionernya gan. Proses pemasangan Tensioner harus lihat posisi top gear rantai keteng. Jadi harus buka blok mesin atas.
Unknown mengatakan…
Min saya pernah iseng juga nyopot tensioner, saya pasang tensionernya, motor sih hidup tapi harus digas terus kalo ga digas malah mati, terus kayanya pas diengkol berat bgt, itu masalahnya apa ya dan ada efeknya ga ?
Unknown mengatakan…
jadi benerinnya gimana gan?? ane juga kena masalah ini, cbr ane jadi engga nyala... mungkin ada solusinya??? kalo uda kena nasib begini??
Subscribe Our Newsletter