-->

Kesalahan Saat Mencharger HP yang Membuat Batery Cepat Rusak



Davysqrider Blog. Pentingnya komponen baterai pada sebuah gadget atau hp seperti mahluk hidup yang butuh  jantung untuk menopang kehidupan. Dan ketika kita mencari HP pasti spesifikasi dari baterai menjadi salah satu syarat utama selain RAM dan Kamera.

  1. Neotech studio
Dibeeberapa kasus pernah menunjukan baterai yang meledak saat dicas. Ini menunjukan cara yang salah saat melakukan pengisian baterai, Kesalahan Saat melakukan pengisian HP juga bisa mengakibatkan baterai berusia pendek, cepat Ngedrop dan bisa juga tidak bisa diisi lagi. Perubahan fisik pada baterai yang semakin cepat menggembung bisa mengakibatkan casing terlepas seperti teman daya yang baterai nya menggembung dan mendorong casing belakang menjadi terlepas dan akhirnya tidak bisa dipasang lagi.

Hal yang mendasar pada kondisi tersebut adalah sikap kita saat melakukan pengisian baterai. Kebiasan yang buruk akan semakin memperburuk keadaan baterai. Nah, berikut beberapa kesalahan mendasar saat mengisi baterai yang disepelekan user.

1. Menggunakan Charger KW

yang dimaksud KW disini bukan asli dari asli bawaan HP ( satu paket pembelian ). Karena biasanya kita menggunakan charger punya temen atau saudara yang sama mereknya tapi beda jenis HP nya juga bisa disebut KW, pastinya bed a kapasitas baterai beda ampere chargernya. Charger asli bawaan HP sudah diatur sedemikian rupa agar pengisian baterai baik dan benar.

2. Menggunakan Kabel USB eceran

menggunakan kabel USB yang dibeli terpisah juga mempengaruhi kualitas pengisian baterai. Bisa jadi semakin lambat atau semakin cepat. Buruknya jika semakin lambat maka waktu yang dibutuhkan untuk pengisian semakin lama. Buruknya semakin cepat mengisi adalah cepatnya baterai rusak.

3, Mengisi Baterai Setelah Ada Notifikasi

Kesalahan mendasar ini sering juga dilakukan user. Notifikasi untuk segera mengecas HP biasanya muncul ketika persentase baterai di 10 % sampai dengan 20 %. Kenapa? Karena waktu itulah yang tepat, jangan mengisi baterai dibawah 10 % atau malah sampai 0 %. Jika dilakukan maka umur baterai akan semakin pendek. Bisa jadi malah baterai tidak mau mengisi.



4. Mengisi Batery Sampai 100 %

Ini juga kesalahan mendasar. Mengisi baterai sampai 100 % juga merupakan  faktor baterai cepat rusak. Ini karena kapasitas HP yang sudah penuh dipaksa untuk terus menerima daya apalagi sudah 100 % dan tidak dicabut cabut. Yang paling bagus adalah ketika baterai pada persentase 80 % sampai dengan 90 %

5. Mengisi Baterai Sambil Digunakan

Mengisi baterai sambil digunakan akan memaksa kamu mengisi baterai semakin lama. Karena daya yang terisi langsung dipakai. Proses pengecasan bisanya menimbulkan reaksi panas baterai. Jadi semakin lama mengecas maka baterai semakin panas. Semakin sering panas baterai maka akan Semakin cepat jelek kualitas baterainya.

7. Menggunakan Power Bank

Seperti halnya charger KW, power bank tidak disetel khusus untuk mengisi baterai yang tepat.

8. Gunakan Baterai Original

Ini buat keawetan HP agan saja. Malahan ada beberapa tipe HP tidak mau menyala ketika baterai nya bukan original atau ada beberapa bisa menyala tetapi akan keluar notifikasi untuk menggunakan baterai yang original nya,

Ok gan, itu beberapa kesalahan mendasar saat mengecas baterai HP. Jika ada masukan  lagi atau masalah lain bisa ditambahkan di kolom komentar. Orang baik adalah orang yang mau membagikan pengalamannya walau hanya satu kalimat. Hehe

Terimakasih sudah mampir.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter