-->

Diskusi Motor Tidak Bisa di starter ( electrick starter ), Bendik Berbunyi "tek tek tek"

Ini sebenarnya masalah klasik yang biasa dialami motor yang sudah berumur. Mungkin bagi motor yang biasa dipakai ibu ibu atau para wanita presentase kejadian motor tidak bisa di electrik starter akan lebih besar karena intensitas penggunaan starter lebih banyak dari pada pemilik pria. Kecuali anda adalah pria yang 5L, hehe piss.

Kenap hal ini bisa terjadi atau pasti akan terjadi dan dialami semua motor berumur. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan motor tidak bisa di starter. Berikut beberapa pernyataan yang kami simpulkan dari hasil diskusi di group Honda Mega Pro . Meski hasil diskusi dari motor mega pro tapi pada umumnya sama penanganannya untuk semua jenis motor.

Pertanyaan umum:
Jika stater hanya bunyi "tak tek tak tek" saja itu kenapa ya?

Hasil Diskusi terbaik :
1. Aki habis, coba agan pinjam aki teman dahulu, ini bisa terjadi jika aki akan habis dan aki tidak kuat untuk memutar dinamo starter.
2. Bendik, jika bendik rusak maka listrik tidak akan mengalir ke dinamo dan dinamo starter tidak berputar.
3. Cek dinamo.
- 2 buah arang hitam habis, jika arang habis maka dinamo tidak akan berputar.
- dinamo rusak, maksudnya rusak adalah lilitan kabel dalam dinamo sudah gosong atau ada yang putus, sehingga mekanisme perubahan energi listrik ke energi gerak tidak terjadi.

Dari hal hal diatas silahkan cek secara berurutan. Tapi biasanya masalah bersumber pada arang dinamo. Karena semakin sering digunakan akan semakin cepat habis.

Saran :
Pakailah engkol atau kick starter motor agan. Karena banyak manfaatnya yang dihasilkan dari menggunakan kick starter motor. Dari motor agan mesin akan terlumasi sempurna jika dipanaskan dengan kick starter sebelum dihidipkan, arang dinamo juga lebih awet apalagi aki juga lebih awet. Dari agan sendiri juga lebih sehat dan lebih bersemangat jika pagi pagi sebelum bekerja sudah pemanasan dahulu dengan meng kick starter motor. Lebih keren juga ( jika agan laki laki sejati ) hehe

Tks, semoga membantu. Jika ada tambahan untuk memecahkan masalah diatas silahkan tambahkan di kolom komentar. Semoga bisa membantu teman yang lain. Salam DQR

Credit to :  Honda MegaPro Comm 



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter