-->

Tips Merawat Sepeda Motor Matic

Posting Komentar

Motor matic adalah motor paling digemari anak muda jaman sekarang. Terbukti dengan menjamurnya komunitas dan klub motor matic di seluruh Indonesia yang cukup merata. Diawali oleh pabrikan Yamaha yang pertama mengeluarkan motor matic Nouvo yang sekarang menjadi barang langka. Yang kemudian disusul pabrikan Honda dan Suzuki karena prediksi pemasaran akan sangat tinggi dan terbukti di tahun tahun ini angkanya cukup mencengangkan. Pada tahun 2011 saja produksi Yamaha Mio saja sudah menginjak angka 20 juta unit.

Memang kenyamanan motor matic untuk dikendarai sangat menjanjikan. Apalagi untuk penggunaan di perkotaan dengan kemacetaannya. Itu karena tidak usah memindah mindahkan gigi dan saat ngerem mendadak cukup flexible karena kedua rem depan dan belakang terletak di kedua tangan. Bentuknya yang kecil sangat enak untuk dibawa selap selip di tengah kemacetan kota. Namun disamping kenyamanannya juga terdapat kelemahannya. Motor matic membutuhkan perawatan extra yang sangat berbeda dengan motor biasa.

Berikut tips merawat motor matic agar tetap nyaman saat dikendarai.

1. Ini untuk semua jenis motor baik manual atau semi apalagi matic pada umumnya pasti harus dipanaskan dahulu. Setelah beberapa jam didiamkan biasanya oli mesin akan turun ke dasar bak, ini sesuai dengan sifat cairan yang akan menuju tempat terendah. Jika tidak dipanaskan dahulu bisa menyebabkan overheat karena head piston belum terlumuri oli. Panaskan sekitar 5 sampai 10 menit baru bisa digunakan untuk jalan.

2. Ini khusus untuk matic, jangan menyentak atau mengendorkan gas secara tiba tiba karena dapat merusak mesin.

3. Isilah tangki bahan bakar sebelum habis. Karena jika terlalu sering mogok karena kehabisan bahan bakar ini akan sangat berbahaya bagi mesin.

4. Gantilah oli mesin setelah 5000 KM atau jika belum 5000 KM tapi sudah lebih dari 3 bulan ada baiknya oli mesin diganti. Ini karena fungsi dari oli sudah berkurang efektifitasnya.

5. Ini hanya ada di motor matic, periksalah roler dan ventbelt motor matic anda secara berkala. Jangan sampai terjadi kendor atau putus didalam. Ciri ciri roler dan ventbelt motor matic kendor atau perlu diganti adalah suara khasnya yang berdecit jika digas mendadak.

Nah pada umumnya anda juga harus rutin mengecek aki, busi, ban, lampu lampu dan kampas rem apakah mereka berfungsi dengan baik. Karena kenyamanan berkendara anda ada pada kelengkapan safety riding anda. Semoga tips diatas membantu.

Jika ada tips tambahan dilahkan masukan dikolom komentar agar rider matic lainnya dapat ikut terbantu. Salam satu aspal. Safety first

Recent post :
Kelistrikan Motor Mati Semua, Coba Check Bagian Ini!!
Cara Mudah Membedakan Pengapian Sepeda Motor AC Atau DC? ( Diskusi )
Diskusi Pasang Lampu LED, Full Wave atau Full Accu?
Pemecahan Masalah Penyakit Mio GT yang Suka Mati Mendadak (Diskusi)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter