-->

Knalpot Berasap Putih Saat Dipanaskan Setelah Ganti Oli Baru ( Diskusi )

Diawali dari pertanyaan saudara Jeje tentang motor Beatnya yang suka berasap setelah ganti oli baru. "Gan mau nanya kenapa ya motor ane setiap kali ganti oli selalu ngasap terus?" tanya saudara Jeje di dalam diskusi kali ini.
Memang untuk masalah yang sudah menyangkut mesin tidak boleh dibiarkan berlarut latut atau didiemin. Karena jika tidaj ditangani segera akan merembet kemana mana. Jika Beatnya saudara Jeje baru bisa olinya yang bermasalah, tapi jika Beatnya sudah cukup berumur atau lebih dari 5 tahun maka bisa jadi sparepartnya yang bermasalah atau sudah waktunya ganti.

Apakah yang harus pertama diganti? Yang harus pertama diganti pasti ring pistonnya, karena jika ring sudah mulai tipis maka oli akan mudah masuj ke area pembakaran dan oli akan ikut terbakar yang mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap putih. Tapi jika dilihat piston juga sudah mulai menghitam lebih baik ikut diganti sekalian. Nah untuk motor baru yang berasap jangan sampai salah oli karena oli memang benar benar sudah dibedakan sesuai jenis motornya.
Berikut ini penjelasan dari saudara Vincent Felix Danuarta tentang penggantian oli motor matic "Kalo pemakaian rutin dan lebih dari gransinya biasanya cincin ring kembarnya sudah tipis, pecah atau aus. Tiap sehabis ganti oli harus diteliti, jangan gunakan oli bekas dan jangan gunakan oli SAE 10, 20 dan 30. Lebih baik lagi jika bak disemprot pakai angin compresor." Dia juga menyarankan untuk menggunakan ring piston ORI baja atau stainless steel saat mengganti ring dan semprot dengan angin smpai hilang kerak olinya dan gunakn oli SAE 140 atau oli khusus untuk motor matic.

Kesimpulannya akan dijelaskan saudari kita Nova Veya Tr Soliats ,"Kalo motor baru itu pasti karena olinya pernah salah. Jika itu motor udah diatas 5 tahun berarti spare part udah pada aus."
Salam satu aspal

Knalpot berasap putih

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter