-->

Diskusi Pasang Accu Mega Pro ke GL Pro dan Sejarah singkat GL PRO sampai jadi NMP

6 komentar
k
Para penunggang GL Pro pasti banyak yang mempertanyakan soal subtitusi part ke GL Pro yang semakin lama semakin langka atau ingin upgrade motor menjadi lebih efektif. Maka kali ini kita coba akan bahas soal penggantian aki GL  lPro dengan Mega Pro. Dimulai dari pertanyaan saudara Herry Syapoetra dalam kesempatan pertama membuka diskusi dalam group motor, "Mohon batuannya, kalau GL Pro akinya dirubah aki mega pro bisa atau tidak? Terus adakah komponen tambahan yang harus dipasang?"

gl pro
 Foto by @deva_agung86
gl pro
Menurut kami sah sah saja, karena masih sama sama alat penyimpan dan penyuplai listrik. Hanya penempatannya yang harus diatur sedemikian rupa agar aki Mega Pro yang cukup besar bisa masuk dan terpasang pas di GL Pro. Seperti pernyataan saudara Teguh Gpmr Arifianto ,"Bisa mas. tidak ada perubahan sama sekali, hanya pada penempatan akinya saja yang harus diatur sedemikian rupa agar bisa masuk di box aki sebelumnya."

Point kali ini pada daya yang dimiliki aki GL dan Mega yang berbeda. Pasti ada kelebihan dan kekurangan dalam penggantian part. Aki standar GL rata rata 2,5 Ah sedang Mega Pro sudah 5 Ah. Dari sini sudah terlihat daya kapasitas penyimpanan sangat menguntungkan pakai aki Mega Pro. Nah kekurangannya aki GL hanya 75 ribu dan Mega pasti lebih mahal. Dan jika kelistrikan kita masih standar mending pakai aki GL, tapi jika sudah pakai banyak variasi disarankan ganti dengan yang berkapasitas penyimpanan besar. Tapi yang harus diperhatikan adalah proses pengisiannya pasti berbeda antara aki GL dan Mega Pro. Jari kita harus pastikan spul dan kiprok bekerja dengan baik. Karena jika tidak maka aki tidak akan cepat terisi dan jika aki sampai tekor maka akan merusak CDI dan bisa mati mendadak.

Seperti pengalaman pribadi saudara Gogon Plat AB, "Iyaa kang dulu saya pernah juga kiprok sudah mati tapi biarkan, aki tidak mengisi, dan saat dibawa jalan jauh pas pulang CDI mati, apes."
Nah loh, hati hati buat rider yang tidak pakai aki atau akinya mati. Kerusakan kelistrikan motor mengancam motor anda. Sekali kali cek spul, kiprok dan akinya jangan sampai lupa. Salam satu aspal. Semoga bisa membantu. Bila ada tambahan bisa tulis di kolom komentar. Semoga hal kecil bisa membantu rider lain.
Sejarah singkat GL
  • GL Pro tidak ada 105 cc - 135 cc
  • 1982 - 1994 semua sudah 144 cc
  • Awal - 1988 GL PRO dan GL MAX pakai platina
  • 1989 keatas pakai CDI
  • 1992 - 1995 GL PRO dan GL MAX black engine
  • 1995 - 1999 GL PRO dan GL MAX neotech Megapro
  • 1999 - sekarang NMP sudah injeksi semua
  • MAX Neotech - 2005 adalah seri GL yang paling lama diproduksi sejak 1982
By 

Related Posts

6 komentar

Unknown mengatakan…
Salam Bokong Kotak Mas Broo... hehehe
DavysQRider mengatakan…
Salam bokong semok gan :)
Unknown mengatakan…
Mas sekarang kan udah musim motor cb
Motor ane gl max 125cc mau dimodif cb dengan mesin std
Nah pengapian udah memakai grand
Dan kiprok pake std honda bebek
Ane pengen kasi tambahan aki
Bisakah dipasang aki tsbt,??
Jika bisa mohon ulasanya akang2,,!!!
Trims salam satu aspal😆
Unknown mengatakan…
Mas sekarang kan udah musim motor cb
Motor ane gl max 125cc mau dimodif cb dengan mesin std
Nah pengapian udah memakai grand
Dan kiprok pake std honda bebek
Ane pengen kasi tambahan aki
Bisakah dipasang aki tsbt,??
Jika bisa mohon ulasanya akang2,,!!!
Trims salam satu aspal😆
davys q rider mengatakan…
Sip. Terimakasih masukannya. Kami akan menambahkan ke bahan diskusi terlebih dahulu. Salam satu aspal.
Subscribe Our Newsletter