-->

Solusi Masalah Rantai Keteng DOHC Tidak Harus Ganti Baru Gan!!!

2 komentar
DavysQRider - wah, Motor FU ane udah mulai bunyi tek tek tek nih gan. Gimana motor agan2? Apa udah mulai kambuh tuh penyakit musiman.

Memang bagi pengguna DOHC, seperti motor Satria dan CB sering mengeluhkan bunyi "cicak" dalam mesin. Bunyi tersebut memang berasal dari rantai keteng / kamfrat pemutar Camshaft. Biasanya rantai udah mulai kendor gan, karena udah lama pakai atau hal lain.

Bagi orang awam pasti langsung minta ganti kalau rantai keteng bermasalah. Ya kan? Kayak ane dulu, xixixix.. Ini udah 2 tahun ganti dan mulai terdengar lagi suara tek tek nya gan. Dari pengalaman sebelumnya dan mulai banyaknya temen dari SSFL sekarang ane lebih bijaksana dalam mengambil kesimpulan kalau motor ane sakit. Ga semuanya harus diganti baru gan. Like a rantai keteng.
Kekendoran rantai yang menyebabkan bunyi berisik ternyata bisa di stell ulang kekencangannya melalui tensioner otomatisnya. Ya di stel manual dulu tuh alat pengencang rantai keteng otomatis nya.

Namun bila tensionernya udah maksimal kekencangannya dan bunyi masih ada bisa jadi tensionernya yang udah aus. Agan bisa mulai ganti dari tensionernya. Baru kalau masih bunyi lagi, terakhir agan ganti tuh rantai keteng. Catatannya jika pemakaian rantai baru dibawah 2 tahun dengan pemakaian normal sudah bunyi berarti anda kurang perhatian dalam penggantian rutin oli mesin. Benar nggak?
Kalau mau service bilang saja minta setel tensionernya. Ntar abang bengkel pasti followup tentang rantai keteng.
Semoga bisa membantu dan menjadi opsi lain selain ganti baru. Kan sayang. Bahaaaha.
Salam satu aspal gan. SSFL.
Mesin DOHC
setting Tensioner

Related Posts

2 komentar

Anonim mengatakan…
Beda tensioner otomatis sama manual apa nih gan?
Unknown mengatakan…
Gini gan. Kalo tensi manual dia seting kekencangan rantai keteng harus di setel pakai obeng atau kunci pas bila rantai mulai terasa kendor.

Jika tensi otomatis gak perlu. Dia otomatis menyesuaikan kesendirian rantai keteng.
Subscribe Our Newsletter